pemberian isotretinoin oral apakah memiliki batasan waktu tertentu untuk perawatan anti-aging - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, dr. Fresa.Selain untuk mengobati jerawat, isotretinoin oral juga sekarang sering digunakan untuk mengurangi kerutan dan lesi pigmentasi yang merupakan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • pemberian isotretinoin oral apakah memiliki batasan waktu tertentu untuk perawatan anti-aging

    06 Januari 2021, 09:58
    dr. Marianti
    dr. Marianti
    Dokter Umum

    ALO, dr. Fresa.

    Selain untuk mengobati jerawat, isotretinoin oral juga sekarang sering digunakan untuk mengurangi kerutan dan lesi pigmentasi yang merupakan tanda penuaan kulit, serta meningkatkan kekenyalan kulit.

    Berapa lama isotretinoin oral dosis rendah (10–20 mg, 3x seminggu) boleh digunakan, mengingat perawatan anti-aging adalah dalam jangka panjang?

    Terima kasih, Dok.

06 Januari 2021, 10:19
Alo dr Marianti,
Penggunaan isotretinoin untuk anti aging  sudah terbukti secara klinis dengan dosis seperti yang sudah disebutkan. Pada penggunan jangka panjang efek samping yg dapat muncul antara lain kheilitis, nyeri sendi, sakit kepala, depresi,anemia, peningkatan kadar trigliserida dan lain2. Pasien harus diobservasi untuk terjadinya efek samping tersebut dan segera dihentikan pengobatannya jika tjd efek samping.
Namun banyak dilaporkan penggunaan isotretinoin oral dosis rendah ini aman dalam jangka waktu 6 bulan. Jika mau dilanjutkan harus diperiksa lengkap untuk mendeteksi efek samping.
Semoga dapat membantu dok🙏🏻
06 Januari 2021, 11:54
dr. Marianti
dr. Marianti
Dokter Umum
Terima kasih banyak untuk jawabannya, dr. Fresa. Sangat membantu.