Pasien dengan hipertensi konsumsi rutin Amlodipin dan Candesartan tidak berpengaruh - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam Alodokter. Saya ingin bertanya, Apabila ada pasien dengan hipertensi mengkonsumsi obat Rutin Amlodipin 1x10mg(Pagi) dan Candesartan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan hipertensi konsumsi rutin Amlodipin dan Candesartan tidak berpengaruh

    23 Mei 2022, 22:35
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat malam Alodokter. Saya ingin bertanya, Apabila ada pasien dengan hipertensi mengkonsumsi obat Rutin Amlodipin 1x10mg(Pagi) dan Candesartan 1x16mg(Malam). Namun terkadang masih sering pusing dirumah saat di tensi dirumah (dengan alat tensi digital) tensi pasien masih tinggi 160/90.

    Kira2 kombinasi obat anti hipertensi yang bagaimana agar tensi pasien dapat lebih baik? 

    Terimakasih

24 Mei 2022, 08:07

Alo dok, saya coba menjawab ya. 

Dalam menentukan apakah pasien memerlukan kombinasi 3 obat antihipertensi sebelumnya harus dipastikan dulu dok, apakah pasien meminum obat sudah teratur setiap hari? Selain itu perlu ditanyakan apakah pasien telah menjalankan terapi non farmakologis seperti pola diet rendah garam dan aktivitas olahraga teratur. Perlu dipikirkan juga mengenai kondisi pasien saat memeriksa tensi di rumah apakah sudah sesuai SOP dan apakah alat tensi sudah dikalibrasi secara rutin. Untuk menentukan tensi sebaiknya dilakukan oleh petugas kesehatan dengan alat yang terkalibrasi.

Bila memang pasien sudah minum obat teratur dan menjalani pola hidup sehat namun tidak ada perbaikan tensi, kombinasi obat dapat dipertimbangkan untuk ditambah dengan golongan diuretik.

Pemeriksaan laboratorium darah dan urin rutin jg bisa menjadi pertimbangan untuk melihat kemungkinan komorbid yg menyertai seperti diabetes dan gangguan fungsi ginjal sehingga terapi disesuaikan.

Untuk selengkapnya bisa dibaca di artikel berikut ya, Dok. https://www.alomedika.com/penyakit/kardiologi/hipertensi

 

Mohon koreksinya dok, terimakasih dok.

24 Mei 2022, 12:23
Alo dokter, mungkin perlu diketahui juga sudah berapa lama kah pasien tersebut mengonsumsi obat obatan tersebut?
Untuk informasi, amlodipin sendiri baru mencapai peak effect nya pada sekitar 5-7 hari pasca pemberian, sedangkan untuk candesartan (angiotensin receptor 1 blocker) baru mencapai efek puncaknya setelah 4 minggu pasca pemberian