Surat hasil pemeriksaan HIV apakah benar dibutuhkan oleh perusahaan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, saya menerima pasien di Poli Umum Puskemas yg meminta surat keterangan Hasil pemeriksaan HIV karna diwajibkan oleh perusahaan sebagai syarat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Surat hasil pemeriksaan HIV apakah benar dibutuhkan oleh perusahaan

    22 Juni 2021, 05:43

    Alodokter, saya menerima pasien di Poli Umum Puskemas yg meminta surat keterangan Hasil pemeriksaan HIV karna diwajibkan oleh perusahaan sebagai syarat pemindahan Posisi Tugasnya.

    Apakah Hal tersebut dibenarkan ?

    Karna surat keterangan ini menjadi syarat wajib yg diminta Perusahaan tersebut.

    Terima Kasih

22 Juni 2021, 06:42
Alo dok, saya ijin sharing terutama terkait kewajiban menyertakan surat. Kalau dilihat dari sudut pandang HRD/Personalia, maka penyertaan surat tertentu itu adalah kewenangan dari masing2 instansi ya dok. Jadi kalau dibenarkan atau tidak, secara sistem personalia sih menurut saya dapat dibenarkan.
22 Juni 2021, 16:23
Terima Kasih dokter, sangat membantu 🙏
22 Juni 2021, 06:48
Alo Dokter,Kalau di puskesmas dokter ada layanan poli VCT, dokter bisa mengeluarkan surat keterangan bebas HIV jika hasil pemeriksaan HIVnya negatif. Krn selain anamnesa faktor risiko perlu pemeriksaan penunjang utk memastikan ada tidaknya HIV, itu pun harus dilakukan di luar window period. Pasien bisa diarahkan ke RS atau puskemas lain bila puskesmas dokter belum punya layanan VCT.
22 Juni 2021, 16:24
Terima kasih dok, sangat membantu 🙏