Keamanan pemberian obat untuk gusi bengkak pada ibu hamil - Diskusi Dokter

general_alomedika

Malam dok, izin bertanya, pada pasien hamil trimester 1 datang dengan keluhan gusi bengkak hari ke 3 disertai demam, tapi pasien belum mau dikonsulkan ke...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Keamanan pemberian obat untuk gusi bengkak pada ibu hamil

    01 Agustus 2019, 21:58

    Malam dok, izin bertanya, pada pasien hamil trimester 1 datang dengan keluhan gusi bengkak hari ke 3 disertai demam, tapi pasien belum mau dikonsulkan ke dokter gigi atau dokter kandungan, sebaiknya terapi yang diberikan cukup paracetamol saja atau boleh tidak dok diberikan antibiotik? 

    Terimakasih dok.. 

01 Agustus 2019, 22:40
Gusi bengkak saat hamil bisa saja bawaan hormonal Dok,  meski tidak menutup ada kemungkinan infeksi,  lebih baik pantau saja selama beberapa hari.  Paracetamol masih aman untuk ibu hamil,  kalaupun ada gejala alergi setelahnya bisa diedukasi untuk segera ke rumah sakit terdekat. Antibiotik tidak perlu diberikan dulu ya Dok, lebih baik anjurkan ke dokter gigi bila memang keluhan demam terus berlanjut. Yang lain edukasi untuk banyak minum,  istirahat,  kumur dengan air dingin dan tentu saja rutin sikat gigi ya Dok. 
01 Agustus 2019, 22:41
Terima kasih jawabannya dok.
01 Agustus 2019, 22:43
Sama sama Dok,  makasih juga untuk sharingnya ya. 
02 Agustus 2019, 10:42

Alo Dok,

Jika memang ada nyeri dan demam, maka kemungkinan besar karena infeksi. Untuk amannya lebih baik dianjurkan ke dokter gigi saja Dok. Setuju dgn dr. Nurul, pemberian paracetamol diperbolehkan pada ibu hamil (kategori A). Selain itu, jika terdapat nyeri boleh dianjurkan kumur-kumur dengan air garam.

Kebetulan saya punya pedoman pelayanan kesehatan gigi mulut pada ibu hamil dan balita: http://pdgi.or.id/wp-content/uploads/2015/04/BUMIL.pdf