Follow Up Pasien Covid Tanpa Gejala/Ringan - Diskusi Dokter

general_alomedika

1.Untuk pasien covid dengan gejala Ringan/Isoman di Rumah itu apa wajib di lakukan follow up harian untuk kondisinya oleh Puskesmas/FKTP yang melakukan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Follow Up Pasien Covid Tanpa Gejala/Ringan

    07 Februari 2022, 18:33
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    1.Untuk pasien covid dengan gejala Ringan/Isoman di Rumah itu apa wajib di lakukan follow up harian untuk kondisinya oleh Puskesmas/FKTP yang melakukan pemantauan dok? Atau pasiennya yang harus report tiap hari ke PIC/Satgasnya?

    2.Untuk Pasien Isoman yang mengalami Long covid Mungkin sudah 15-30 Hari dan PCR masih (+) Itu apa bisa langsung ketemu Sp. Paru di RS apa perlh rujukan dari FKTP Pemantau?

    Terima kasih dok

08 Februari 2022, 06:14
Alo Dokter,
Saya tidak bekerja di puskesmas namun ini berdasarkan pengalaman pasien saya dengan puskesmas domisilinya ya bahwa setelah mereka terdata oleh puskesmas sebagai pasien Covid dan melakukan isolasi di rumah, puskesmas akan melakukan follow-up  (tiap puskesmas bisa berbeda pemantauannya, ada yg tiap hsri ada juga yang berkala, bisa lewat sms, chat, telepon atau video call) atau bisa juga pasien diminta untuk melaporkan diri dengan melampirkan foto hasil pencatatan suhu dari termometer dan/atau oximeter atau bila muncul keluhan baru atau saat semakin berat gejalanya.Utk pertanyaan kedua, saya rasa lebih bijak kalau pasien diperiksa dulu oleh dokter FKTP untuk memastikan apakah memang betul pasien long covid atau dengan gejala penyakit lain. Jka memang perlu membutuhkan rujukan baru akan dirujuk ke RS untuk penanganan lanjutan.