Favipiravir untuk pasien COVID-19 jika sempat stop apakah bisa dilanjutkan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin menanyakan dok, saya punya pasien covid gejala ringan, isoman, minum favipiravir dirumah karena obat yg diminum itu banyak 16 tablet di hari...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Favipiravir untuk pasien COVID-19 jika sempat stop apakah bisa dilanjutkan

    26 Maret 2022, 09:54
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, izin menanyakan dok, saya punya pasien covid gejala ringan, isoman, minum favipiravir dirumah karena obat yg diminum itu banyak 16 tablet di hari 1, hari keduanya di stop karena merasa perut kembung dan diare, namun hari ke.4 gejala belum reda juga malah batuknya semakin parah. Pasien sy menanyakan apa bisa dilanjutkan minum favipiravirnya dok? kalau bisa, bagaimana caranya dok?

    terimakasih 🙏🏼

26 Maret 2022, 11:30
dr.Tri Adi Kurniawan
dr.Tri Adi Kurniawan
Dokter Spesialis Paru
Selamat siang, memang benar salah satu efek samping favipiravir adalah gejala di saluran pencernaan. Tapi perlu diingat bahwa salah satu gejala covid19 adalah juga gejala saluran pencernaan. Jadi bisa juga gejala tsb karena covid19 atau karena efek samping favipiravir atau tumpang tindih keduanya. Jika dirasakan gejala saluran pencernaan semakin memberat sebaiknya favipiravir di hentikan apalagi secara klinis covid19  masih gejala ringan. Untuk keluhan batuk bisa ditambahkan antitusive kuat yg harus dirsepkan oleh dokter terdekat. Semoga bisa membantu dan cepat membaik.
26 Maret 2022, 11:32
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Baik dok, terimakasih banyak sarannya dok 🙏🏼