Favipiravir apakah sudah menjadi guideline untuk penanganan covid - Diskusi Dokter

general_alomedika

Ank umur 14th dengan BB 40kg, terkonfirmasi covid 19 melalui hsl PCR dgn CT Value 22 disertai dengan gejala demam, batuk berdahak, dan pilek

Diskusi Dokter

27 Februari 2022, 17:20
Alo dokter, izin ikut diskusi dok. Setahu saya berdasarkan guideline yang ada, pasien anak yg terkonfirmasi COVID-19 disertai gejala ringan-sedang dan memiliki komorbid saja yg perlu mendapatkan terapi favipiravir. Apabila hanya gejala ringan dan tdk memiliki komorbid, cukup terapi simptomatis saja.
27 Februari 2022, 17:22
Alo Dokter,
Pada pedoman tatalaksana Covid Edisi 4 (update Januari 2022), pemberian antivirus direkomendasikan pada pasien anak dan remaja dengan gejala sedang, berat dan kritis. Terlampir jenis antivirus berikut dosisnya ya dok.
28 Februari 2022, 14:38
Izin ikut berdiskusi dok 🙏
Favipiravir merupakan pilihan terapi covid gejala ringan yang efektif bila gejala kurang dari 5 hari (karena respons imun belum optimal pada hari2 pertama infeksi, sehingga replikasi virus lebih bisa ditekan dan mengurangi kemungkinan kasus menjadi berat).
Berdasarkan pedoman covid yang saya baca, kasus ringan covid anak dengan komorbid dipertimbangkan untuk ditatalaksana sebagai kasus sedang.
Jadi di sini mungkin diperlukan anamnesis lanjut mengenai komorbid dan perlu mengetahui apakah anak laki2/perempuan dan tinggi badannya saat ini untuk menilai status gizinya (apakah ada malnutrisi yang juga merupakan komorbid).
Ijin koreksinya dari ts. Terima kasih 🙏
06 Maret 2022, 13:51

Terimakasih atas infonya ya dok