Pasien dengan hasil antigen positif dan PCR negatif - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dok, izin bertanya.. ada seorang pasien swab antigen di hari ke-2 gejala dan hasilnya positif, kemudian dilakukan swab PCR di hari ke-3 dan ke-7 hasilnya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan hasil antigen positif dan PCR negatif

    23 Juli 2021, 04:18
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo Dok, izin bertanya.. ada seorang pasien swab antigen di hari ke-2 gejala dan hasilnya positif, kemudian dilakukan swab PCR di hari ke-3 dan ke-7 hasilnya negatif semua (hasil keluar di hari ke-9).. tapi sampai hari ke-10 pun gejala masih ada (hidung mampet penciuman berkurang, batuk sesekali)

    Hasil rontgen hari ke-3: pneumonia atypical Covid-19

    Riwayat kontak erat dgn pasien terkonfirmasi covid-19 tidak ada.

    Apakah kasus ini jdny discarded atau bgmn ya dok?

    Saya jg pernah menemukan kasus yg mirip tp keluhan sudah hilang dlm beberapa hari dan hasil rontgen-nya pneumonia typical Covid-19.

    Menurut yg saya baca, seandainya mengikuti panduan yg sekarang seharusnya sudah bisa terkonfirmasi tanpa swab PCR di wilayah yg waktu tunggu PCR nya >24 jam di tempat saya.. tetapi pd kasus ini swab PCR nya justru negatif.

    Mohon advice dokter, terima kasih 🙏

23 Juli 2021, 08:11

Alo dokter, coba ikut berdiskusi. Akurasi tes PCR tergantung kondisi sebelum, saat , dan setelah pemeriksaan. Pra analitik seperti teknik swab, serta penyimpanan dan pengiriman sampel ke laboratorium dapat menentukan ketepatan hasil negatif. Jika gejala menunjukkan COVID-19 sebaiknya tetap diterapi sebagai pasien COVID-19. 

Referensi: https://www.alomedika.com/memahami-perkembangan-tes-diagnostik-covid19