Efektivitas suplemen untuk menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodok, izin bertanya, apakah benar bahwa ada suplemen yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat, tanpa perlu khawatir walau makan banyak, tidak perlu...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Efektivitas suplemen untuk menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga

    30 November 2019, 17:56

    Alodok, izin bertanya, apakah benar bahwa ada suplemen yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat, tanpa perlu khawatir walau makan banyak, tidak perlu olahraga, dan herbal? Saya penasaran karena banyak user bahkan teman Saya sendiri karena terlalu mengagung-agungkan produk luar negeri tersebut yang belum ada BPOMnya di Indonesia. Saya rasa Saya perlu tambahan ilmu supaya dapat mengedukasi lebih baik lagi, terimakasih sharingnya Dok 🙏

30 November 2019, 18:16
Selamat sore Dokter untuk suplemen penurunan berat badan pada link berikut dijelaskan terkait bahan bakunya dan efek yang mungkin terjadi https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5545612/.
Untuk menengahi pertanyaan user pada dasarnya jika belum ada izin BPOM mungkin sebaiknya hindari konsumsi suplemen atau bahan yang di klaim bisa menurunkan berat badan. 
Dan mungkin tetap perlu diberikan edukasi terkait penurunan berat badan akan lebih baik jika dicapai dengan cara alami dan sehat, dengan pengaturan pola makan diimbangi dengan aktivitas fisik dan olahraga Dokter. 

CMIIW 
30 November 2019, 18:17
Terimakasih banyak Dok Merry 🙏
30 November 2019, 21:35
Ada sih dok.
Tapi memang harus benar dalam memilih.
Pengalam kami untuk menurunkan berat badan dibagian visceral fat sangat membantu memulihkan pasien dengan DM2, Obesitas dan komplikasinya sehingga beban jantung akan menurun, hipertensi akan terkontrol.
Salam.
30 November 2019, 21:36
Dan memang bukan obat
Kita edukasi dengan suplemen.
01 Desember 2019, 17:15
Terimakasih ilmunya Dok 🙏
01 Desember 2019, 07:30
Alo Dok,
Dokter dapat mengedukasi bahwa diet yang tepat dan sehat adalah dengan mengurangi jumlah makan, memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, serta meningkatkan aktivitas fisik yaitu olahraga. Obat bisa diberikan sesuai indikasi dan setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh oleh dokter spesialis gizi.
Tentang suplemen yang beredar di masyarakat, hingga saat ini belum ada yang direkomendasikan oleh guidelide. Apalagi suplemen yang belum lolos dari BPOM, tentu saja harus dihindari supaya tidak mendapatkan efek samping yang tidak diharapkan.
Semoga membantu.
01 Desember 2019, 16:11
dr. Zuhrotun Ulya, Sp.KJ, M.H
dr. Zuhrotun Ulya, Sp.KJ, M.H
Dokter Specialis Psikiater
Sepakat dgn dr. Maretha 😊👍
01 Desember 2019, 16:12
Terimakasih atas ilmunya ya Dok 🙏
01 Desember 2019, 16:56
Sebaiknya segera dibuatkan aturan tentang suplemen krn justru itu sering dikonsumsi masyarakat dok