Efektifkah wound closure strip untuk mengatasi luka laserasi - Bedah Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, dr. Sonny!Izin bertanya ya, Dok..Apakah penggunaan wound closure strip efektif untuk luka laserasi dan dapat menggantikan penjahitan luka? Jika ya,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Efektifkah wound closure strip untuk mengatasi luka laserasi - Bedah Ask the Expert

    24 Mei 2021, 08:45

    ALO, dr. Sonny!

    Izin bertanya ya, Dok..

    Apakah penggunaan wound closure strip efektif untuk luka laserasi dan dapat menggantikan penjahitan luka? Jika ya, untuk luka yang seperti apa wound closure strip ini dapat digunakan? Terima kasih sebelumnya, Dok..

24 Mei 2021, 09:08

ALO dr Ciho!

 

Terima kasih atas pertanyaan nya. Surgical tapes atau steri-strips merupakan alternatif untuk menutup luka terbuka tanpa jahitan. Biasanya digunakan pada luka sayatan yang tidak terlalu parah dan dalam. Indikasi nya adalah untuk luka laserasi linier dan low tension. Tidak disarankan untuk digunakan pada luka yang high tension maupun luka yang terinfeksi atau terkontaminasi berat. Terdapat penelitian yang membandingkan hasil scar antara penutupan luka dengan surgical tape dan jahitan dan mengungkapkan bahwa pembentukan bekas luka pada luka yang kurang dari 20 mm yang dirawat menggunakan surgical tapes lebih baik dari pada dengan jahitan, tetapi untuk luka antara 20 dan 50 mm serupa antara surgical tapes dan jahitan.

 

Bersama ini saya berikan link artikel penelitian terakait ya dok: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5887701/