Edukasi untuk pasien DM yang berpuasa - Gastroenterologi-Hepatologi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Muhammad Miftahussurur, izin bertanya Dok, adakah tips dan edukasi mengenai aturan waktu pemberian obat dan nutrisi pada pasien DM yang ingin...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Edukasi untuk pasien DM yang berpuasa - Gastroenterologi-Hepatologi Ask the Expert

    14 April 2021, 12:23
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Muhammad Miftahussurur, izin bertanya Dok, adakah tips dan edukasi mengenai aturan waktu pemberian obat dan nutrisi pada pasien DM yang ingin menjalankan puasa Dok?

    Terima kasih Dok.

14 April 2021, 12:43

Terima kasih atas pertanyaannya. 

1. Satu bulan sebelum puasa, harus dilakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh antara lain kadar glukosa darah, tekanan darah, dan kadar lemak darah.
2. Hindari melewatkan waktu makan atau mengkonsumsi karbohidrat atau minuman manis secara berlebihan terutama dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur dan karbohidrat simple saat berbuka puasa, serta menjaga asupan buah, sayuran dan cairan yang cukup. 
3. Pasien diminta untuk memantau kadar glukosa darah secara teratur, terutama pertengahan hari dan menjelang berbuka puasa. Puasa harus segera dibatalkan bila kadar glukosa darah kurang dari 60 mg/dL. Pertimbangkan untuk membatalkan puasa bila kadar glukosa darah kurang dari 80 mg/dL atau glukosa darah meningkat sampai lebih dari 300 mg/dL.
4. Perlu kontrol ke dokter beberapa kali selama bulan puasa untuk dilakukan penyesuaian dosis serta jadwal pemberian obat hipoglikemik oral dan atau insulin.
5. Hindari aktifitas fisik yang berlebihan terutama beberapa saat menjelang waktu berbuka puasa.
6. Batalkan puasa jika muncul lemah badan dan keringat dingin atau tanda akut dari komplikasi diabetes lainnya.

14 April 2021, 12:45

Sedangkan untuk waktu pemberian obat terlampir di bawah ini.