Diet Untuk Hiperkolesterolemia yg underweight - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dear TS Yth,  Melanjutkan diskusi tentang pasien Saya wanita 32 tahun, dengan hiperkolesterolemia, sudah dianjurkan diet rendah lemak, dan juga simvastatin...

Diskusi Dokter

  • Diet Untuk Hiperkolesterolemia yg underweight

  •   aLni
    Anggota

    Dear TS Yth, 

    Melanjutkan diskusi tentang pasien Saya wanita 32 tahun, dengan hiperkolesterolemia, sudah dianjurkan diet rendah lemak, dan juga simvastatin 1x10 mg namun saat kontrol bulan ke-2, pasien melaporkan BB jadi turun 3 kg tetapi kadar kolesterol justru naik. 

    BB pasien saat ini 45 kg (dari 48 kg), TB 157 cm, Kolesterol dari 212 - 250 - 260.

    Kemudian pasien juga menanyakan untuk program hamil berikutnya dengan kondisi hiperkolesterolemia bagaimana diet yang baiknya. 

    Mungkin TS ada yang bisa membantu? Thanks sebelumnya ya Dok. 

    Hai dr. Alni, 

    apakah profil lipid sudah diperiksakan Dok?

      aLni
    Anggota

    dr. Georgiana Kakerissa
    May 07, 2018 at 01:55 PM

    Hai dr. Alni, 

    apakah profil lipid sudah diperiksakan Dok?

    Hai dr. Georgiana, 
    Nah itu dok, di faskes kami sedang terbatas pemeriksaannya hanya untuk kolesterol total, Saya sudah anjurkan pasien untuk cek di lab luar namun terkendala biaya. 

      dr.Bedry Qintha
    Moderator

    Alo, dok!

    Mohon maaf sebelumnya dok, kalau setau saya, keputusan memberi simvastatin sebaiknya didasarkan pada LDL-chol dok, jadi bukan berdasarkan Chol-total.

    Ini ada link pedoman tatalaksana dyslipidemia dari PERKI dok :

    https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://www.inaheart.org/upload/file/Pedoman_tatalksana_Dislipidemia.pdf&ved=2ahUKEwj00bnNtfPaAhXGwI8KHXKGBSwQFjAAegQICBAB&usg=AOvVaw3vZhQjAMnZ56d0uBZs3dpz

     

    Cmiiw, kalo yg tinggi hanya kolesterol total, tatalaksana utamanya hanya modifikasi gaya hidup.

    Untuk masalah penurunan BB pasien, mungkin perlu di assess lagi diet yang dilakukan pasien seperti apa dok. Karena terkadang pasien tll takut karna melihat angka lab yg tidak turun2, dan malah jadi diet yg tidak sehat. Perlu diinfokan juga makanan apa yg baik utk pasien (misal: makanan yg tinggi serat, MUFA, dan PUFA). 

    Kalau memang dirasa perlu, pasien bisa dirujuk untuk dilengkapi pemeriksaan profil lipidnya dok. Supaya ada data LDL dan HDL, jadi kita bisa lihat risiko kardiovaskulernya tinggi/sedang/rendah.

    Mungkin nanti ada teman2 dari interna yg bisa lebih komprehensif membantu.

    Cheers!

      dr. Andre
    Moderator

    Benar dok. Yang saya tahu indikator utama adalah rasio HDL/LDL dan juga kadar LDL.

    Untuk masalah penurunan berat badan, sebaiknya perlu digali bagaimana pola diet pasien dan juga pertimbangkan untuk merujuk ke ahli gizi untuk memastikan bahwa diet pasien dilakukan dengan baik dan benar.

    Mungkin dapat dianjurkan untuk diet tinggi protein dok untuk meningkatkan massa otot pasien.
      aLni
    Anggota

    baik, terima kasih dr. Bedry, dr. Andre, dr. Dea atas inputnya, Saya akan coba edukasi pasien kembali untuk cek profil lipid.