Mekanisme diet keto untuk penderita epilepsi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin bertanya ts mengenai diet keto untuk epilepsi.Saya pernah membaca berita medis dan jurnal yang menyarankan diet keto untuk epilepsi, dimana keadaan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Mekanisme diet keto untuk penderita epilepsi

    01 Agustus 2019, 15:11

    Izin bertanya ts mengenai diet keto untuk epilepsi.


    Saya pernah membaca berita medis dan jurnal yang menyarankan diet keto untuk epilepsi, dimana keadaan ketosis pada diet keto baik untuk epilepsi.


    Bagaimana pendapat ts, mengapakah bisa demikian? Boleh tolong dijelaskan? Terima kasih ts 😊🙏

01 Agustus 2019, 15:21

Alo dr. Andrew,

Sel-sel di otak hanya menggunakan glokosa sebagai sumber energi. Pada keadaan ketogenik, sel-sel otak tidak dapat menggunakan asam lemak tetapi akan menggunakan keton sebagai pengganti glukosa. Keton tersebut diduga memiliki efek antikonvulsan, mempengaruhi neurotransmiter serta mengurangi eksitabilitas sel neuron.

Sehingga diet ketogenik terbukti efektif untuk mencegah kejang. Sudah ada studi meta analisis menyatakan diet ketogenik mampu mengurangi kejang hingga 30-40 % pada pasien epilepsi.

Semoga membantu

sumber : https://www.alomedika.com/manfaat-dan-keamanan-diet-ketogenik

02 Agustus 2019, 12:56
Baik terima kasih dokter 🙏
02 Agustus 2019, 11:40

Alo Dok,

Memang pada beberapa penelitian yang telah dilakukan termasuk di Indonesia memang membuktikan bahwa diet ketogenik sangat bermanfaat pada pasien epilepsi terutama pada anak. Mekanismenya adalah keadaaan ketosis akan meningkatkan produksi GABA yang akan menekan kejang.

IMHO, hati-hati menganjurkan diet ketogenik pada pasien karena Kementerian Kesehatan sendiri sudah mengeluarkan press release yang tidak menyarankan model diet tersebut. Di samping itu, juga sangat bertolak belakang dengan prinsip gizi seimbang yang direkomendasikan Kemenkes. 

Berikut referensinya Dok:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2902940/

http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2013/11/Pustaka_Unpad_TATALAKSANA_-DIIT_KETOGENIK1.pdf1.pdf

https://www.dovepress.com/ketogenic-dietary-therapy-for-epilepsy-and-other-disorders-current-per-peer-reviewed-article-NDS

02 Agustus 2019, 12:56
Hmm kurang direkomendasikan ya, jadi banyak pertimbangan nya ya untuk diet ketogenik ini
02 Agustus 2019, 23:38
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf
Diet ketogenik bisa menjadi pilihan terapi untuk epilepsi terutama pada anak yang tidak terkontrol baik dengan obat epilepsi. Mekanismenya cukup rumit. Saya sertakan saja gambarnya. 
03 Agustus 2019, 05:05
Terimakasih Dok infonya