Dengue hemoragic fever grade 3 dan Diare dengan Dehidrasi Berat - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, Dokter Mulya SpA (K) Izin bertanya untuk pasien anak yang masuk RS dengan DHF + Diare dengan Dehidrasi Berat, Bagaimana Tatalaksananya dok, yang...

Diskusi Dokter

01 Oktober 2021, 09:26

Selamat pagi dr. Linda, 

Mohon maaf untuk sesi ask the expert bersama dr. Mulya R. Karyanti, Sp.A(K) sudah berakhir jam 16.00 kemarin. 

Saya coba bantu jawab ya, Dok. Apakah yang dimaksudkana adalah kondisi dengue shock syndrome (DSS) Dok? Atau ada penyebab dehidrasi yang lain?

Prinsipnya, tata laksana awal pasien dengan syok hipovolemik, seperti dehidrasi berat dan DSS, adalah dengan resusitasi cairan segera. Pasien tersebut memerlukan pemantauan ketat dan perawaatan intensif.

Pada DSS dengan tekanan darah normal, resusitasi cairan kristaloid isotonik diperlukan dengan dosis awal 5-10 mL/kgBB/jam selama 1 jam, kemudian disesuaikan dengan kondisi klinis pasien.

Pada DSS dengan syok hipotensi (nadi lemah, pulse pressure sempit, hipotensi), berikan resusitasi cairan isotonik 20 mL/kgBB secara bolus selama 15 menit, kemudian disesuaikan dengan kondisi klinis pasien.

https://www.alomedika.com/penyakit/penyakit-infeksi/demam-dengue/penatalaksanaan

Selain itu, pada dehidrasi berat atau DSS, perlu diperhatikan untuk memantau keberhasilan perbaikan hemodinamik seperti MAP, urine output, central venous pressure (CVP), dan saturasi oksigen. Apabila kondisi hipovolemia teratasi, agen vasoaktif dapat dipertimbangkan.

https://www.alomedika.com/penyakit/kegawatdaruratan-medis/dehidrasi/penatalaksanaan

Mungkin ada TS lain yang mau menambahkan :)

01 Oktober 2021, 10:35
Terimakasih banyak Dok