Common cold anak dibawah 2 tahun - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodok, saya mau bertanya, kapan sebenarnya anak dibawah 2 tahun dengan batuk pilek demam harus diobati? Apakah ada panduan tertentu? Jika anak tidak rewel,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Common cold anak dibawah 2 tahun

    17 Juli 2019, 13:03

    Alodok, saya mau bertanya, kapan sebenarnya anak dibawah 2 tahun dengan batuk pilek demam harus diobati? Apakah ada panduan tertentu?

     

    Jika anak tidak rewel, dehidrasi maupun menunjukkan gejala pneumonia, haruskah kita tetap meresepkan obat simptomatis? Karena banyak sekali orang tua yang membawa anaknya dengan common cold datang ke faskes pertama dan meminta untuk diberi obat walaupun sudah diberikan KIE.

     

    Terimakasih

17 Juli 2019, 16:33

Alodokter Inge, menurut saya mengenai panduan tetap merujuk kembali ke IDAI panduaan tentang hal ini, yaitu sebaiknya dihindari penggunaan obat-obatan dan over the counter medicine pada anak dibawah 2 tahun.


Hal ini juga dinyatakan melalui American Family Physician yang merekomendasi untuk menghindari penggunaan obat-obatan pada anak dibawah 2 tahun, jika tidak ada indikasi kuat. 

https://www.aafp.org/afp/2012/0715/p153.html


Hal ini memang menjadi polemik, namun tetap sebagai tenaga kesehatan kita mengedukasi dan menganjurkan menunda penggunaan obat-obatan, namun disertai berikan red flag informasi jika ada perburukan untuk segera ke UGD RS. Semoga hal ini bisa membantu.

17 Juli 2019, 18:22

Terima kasih dokter, sharing jurnalnya juga sangat bermanfaat 

18 Juli 2019, 08:31
Klo saya setuju dok,diberi obat simptomatis,krn walau sdh di KIE ortu pasien tetap khawatir bila anaknya tdk diberi obat.
18 Juli 2019, 17:50

Iya dokter, sebagian besar yang datang pasti karena kekhawatiran orang tua akan kondisi anaknya, terima kasih sharingnya dok 😊

18 Juli 2019, 15:06
Alodokter inge. Saya coba menjawab, batuk pilek pada anak di bawah 2 tahun atau lebih sering dikenal dengan common cold umumnya tidak perlu mendapat terapi karena penyebabnya adalah virus dan merupakan self limiting disease. Tatalaksana yg dianjurkan adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan anak sesuai dengan berat badannya. Pengobatan simptomatis yg direkomendasikan adalah parasetamol, itupun jika didapatkan demam (suhu >= 38). Dan yg terpenting adalah edukasi orang tua untuk melengkapi imunisasinya khususnya imunisasi influenza. Semoga bermanfaat
18 Juli 2019, 17:58

Kebutuhan cairan harus sesuai berat badan ya dok tidak boleh  menganjurkan  banyak minum apabila tidak ada tanda dehidrasi, karena setau saya juga pada anak tanpa dehidrasi intake cairan banyak justru akan menyebabkan hiponatremi, sehingga berbahaya. Melengkapi imunisasi juga poin penting dalam kie common cold ya dok. Terima kasih untuk sharingnya dok, bermanfaat sekali 

18 Juli 2019, 17:22
Alodokter inge. 

Sebagai dokter saya setuju untuk tidak  perlu memberikan terapi.  Namun,  sebagai orang tua saya merasa kesulitan saat bayi rewel karena hidung tersumbat dan demam.

Mungkin perlu ada edukasi kepada orang tua mengenai hal yang perlu dilakukan di rumah untuk membuat bayi nyaman selama common cold. 
18 Juli 2019, 17:52

Setuju juga dok, edukasi adalah poin terpenting dalam mengobati common cold pada anak, terima kasih sharingnya dok😊

18 Juli 2019, 18:10
18 Juli 2019, 17:58

Kebutuhan cairan harus sesuai berat badan ya dok tidak boleh  menganjurkan  banyak minum apabila tidak ada tanda dehidrasi, karena setau saya juga pada anak tanpa dehidrasi intake cairan banyak justru akan menyebabkan hiponatremi, sehingga berbahaya. Melengkapi imunisasi juga poin penting dalam kie common cold ya dok. Terima kasih untuk sharingnya dok, bermanfaat sekali 

Kebutuhan cairan harus sesuai berat badan. Betul sekali dok, kelebihan atau kekurangan cairan sama bahayanya tetapi jika intake oral jarang menimbulkan efek hiponatremia sekalipun minum berlebihan. Perhitungan kebutuhan cairan yg sederhana menggunakan formula Holliday segar dimana 100 ml/kg untuk 10 kg pertama, 50 ml/kg untuk 10 kg kedua dan 20 ml/kg untuk sisanya. 
18 Juli 2019, 18:27

Oh begitu. Terima kasih atas pencerahannya dok 😊

20 Juli 2019, 12:53
Alo Dok,

Izin urun pendapat, seperti yg kita tau common cold biasanya disebabkan oleh rhinovirus sehingga bersifat self limited. Obat mgkn bisa diberikan berdasarkan simptomatis dan demi memberi kenyamanan misalnya obat antidemam, vapour rub agar tidur lebih nyenyak atau memberikan kecap manis dicampur dgn madu utk mengurangi frekuensi batuk (tidak dianjurkan utk anak dibawah usia setahun).

Sumber : 
Manajemen Terapi Balita Sakit (2015)
21 Juli 2019, 05:58

Terimakasih untuk sharingnya dok, bermanfaat sekali