CD4 tetap rendah apa sebabnya , bolehkah untuk vaksin covid-19 - Penyakit Dalam Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Hendra Gunawan Sp. PDIjin bertanya dok ,Pasien laki - laki 35 th terinfeksi HIV sudah 2 th, pengobatan ARV 1 th terakhir. Saat ini viral load sudah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • CD4 tetap rendah apa sebabnya , bolehkah untuk vaksin covid-19 - Penyakit Dalam Ask the Expert

    01 Desember 2021, 14:02

    Alo dr. Hendra Gunawan Sp. PD

    Ijin bertanya dok ,

    Pasien laki - laki 35 th terinfeksi HIV sudah 2 th, pengobatan ARV 1 th terakhir. Saat ini viral load sudah tidak terdeteksi, tidak ada komorbid, kondisi pasien sehat stabil., Tapi CD4 nya rendah kurang 200.

    Pertanyaannya :

    1. Kira - kira apa ya dok yg menyebabkan CD4 nya msh rendah.

    2. Apakah pasien tsb bisa untuk di vaksinasi covid - 19, kalo iya jenis vaksin covid - 19 apakah yg paling tepat untuk nya.

    Terimakasih dokter.

01 Desember 2021, 14:13
dr. Hendra Gunawan SpPD
dr. Hendra Gunawan SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Alo dokter, 

Izin menjawab pertanyaan dokter. sebelum menentukan kriteria kegagalan imunologis, izin ditanyakan apakah cd4 saat ini cenderung menurun? apakah menurun 50% dari kadar puncak sebelumnya? dan apakah CD4 <100? Jika tidak memenuhi semua kriteria tersebut, perlu diketahui bagaimanakah pemeriksaan dilakukan? apakah didahului puasa atau tidak, sebab pada metode tertentu CD4 terpengaruh oleh kadar lipid dalam darah. 

Jika kemungkinan tersebut sudah disingkirkan, maka dipastikan kembali apakah pasien berobat rutin dan tidak dalam kondisi stress psikis? mengingat kondisi stress psikis juga membuat CD4 kurang optimal. 

Untuk vaksinasi, menurut pedoman CDC, tidak ada kontraindikasi pemberian vaksinasi pada ODHA, sehingga vaksinasi dapat diberikan. Hal ini juga telah ditegaskan pada revisi panduan vaksinasi oleh PAPDI agustus 2021. 

 

Semoga membantu ya

https://www.cdc.gov/hiv/basics/covid-19.html

01 Desember 2021, 14:17
Terimakasih atas jawaban dokter sangat membantu dok