Apakah obat aman bila dicampur dengan minuman atau makanan sebagai solusi untuk mengatasi susah minum obat pada pasien anak/dewasa? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat sore docs. Seperti yg sering kita jumpai kasus ataupun banyaknya pertanyaan yg menanyakan bagaimana cara lain untuk minum obat agar anak/orang dewasa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah obat aman bila dicampur dengan minuman atau makanan sebagai solusi untuk mengatasi susah minum obat pada pasien anak/dewasa?

    05 Februari 2020, 16:47

    Selamat sore docs. Seperti yg sering kita jumpai kasus ataupun banyaknya pertanyaan yg menanyakan bagaimana cara lain untuk minum obat agar anak/orang dewasa yg susah minum obat dapat meminumnya dengan gampang. Apakah boleh dicampur dengan minuman lain ataupun makanan lain? Atau ada cara yg lebih efektif selain mencampurkan dengan makanan atau minuman dok? 

05 Februari 2020, 18:39
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Alo dr. Dewi!

Kalau pada anak, memang salah satu cara yang bisa dilakukan adalah minumnya dengan minuman favorit anak. Tapi tentu balik lagi tergantung jenis obatnya apakah bisa dicampur dengan minuman atau tidak.

Cara lain adalah ada obat yg memang bisa dihancurkan atau dilarutkan dengan minuman, ada juga kapsul yg bisa dibuka n isinya dicampurkan dengan makanan/minuman. Tapi ya tergantung jenis obat n formulasinya juga.

Lalu kalau pada dewasa, susah minum obatnya kenapa ya? Kalau misal karena kesulitan menelan, maka pertimbangkan sediaan obat yg ukurannya kecil. Ini juga berlaku pada pasien hamil yg mengalami emesis gravidarum, obat yg berukuran kecil umumnya akan lebih mudah ditelan dan mengurangi mual pasien.

09 Februari 2020, 13:52
Terimakasih dok. Untuk dewasa biasanya karrna kesulitan menelan sih dok. 
05 Februari 2020, 21:56

Alodok, izin menjawab

Untuk pasien anak ada beberapa jenis obat"an yang tidak boleh dikonsumsi dengan beberapa jenis minuman seperti teh atau susu karena bisa memengaruhi efektivitas obat. Saat ini tersedia semacam syrup perasa manis (dipasaran seperti si*plus) untuk anak" dengan berbagai aneka rasa buah yang dapat membantu anak dalam mengonsumsi obat terutama dengan alasan rasa obat yang terlalu pahit. Berdasarkan pengalaman saya, hal ini cukup membantu anak dalam mengonsumsi obat terutama obat gilingan atau pil yg terlalu pahit.

 

Untuk pasien dewasa setahu saya permasalahannya pada kemauan mengonsumsi obat dan ukuran obat yg mengganggu. Disini diperlukan sekali edukasi pada psien dewasa dengan permasalahan tsb agar mau mengonsumsi obat

09 Februari 2020, 13:54
Terimakasih dok informasinya 🙏
06 Februari 2020, 17:42
Alo dok, ijin menjawab juga

Kalau untuk anak, cara untuk membuat anak minum obat adalah dapat di tumpang tindih dengan minuman kesukaannya, namun ini kembali lagi ke obat apa yang diminum karena ada beberapa obat yang punya interaksi dengan makanan dan tergantung makanan atau apa yang diberikan untuk menetralisasikan rasa obatnya sebenarnya perusahaan farmasi sudah cukup berimprovisasi dengan rasa pada obat agar dapat ditoleransi oleh anak, bila obat tersebut ada berbagai macam rasa mungkin bisa dicoba dengan rasa yang disukainha.

Kalau untuk orang dewasa, sebaiknya perlu ditelusuri apa yang menyebabkan dia tidak bisa meminum obatnya, apa memang karena ada gangguan pada refleks menelannya atau bagaimana atau kalau memang mau ditumpang tindihkan dengan makanan lai kita perlu tahu reaksi obatnya dok.

Ini mungkin link yang bisa dibaca terkait interaksi obat dengan makanan
Avoiding drugs interaction
Dangerous food interaction

Terimakasih banyak dok. CMIIW
09 Februari 2020, 13:54
Terimakasih dok informasinya 🙏