Pasien dengan keluhan bintik-bintik yang tidak kunjung hilang setelah diberi obat kortikosteroid topikal selamat 3 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Halo dok.. mohon konsul pasien tanpa keluhan tb2 kulitnya keluar bintik2 sejak 3 bulan yang lalu.. awalnya terasa gatal namun setelah di beri dexoxymetason...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan keluhan bintik-bintik yang tidak kunjung hilang setelah diberi obat kortikosteroid topikal selamat 3 bulan

    31 Desember 2020, 19:03
    dr.Febriliana
    dr.Febriliana
    Dokter Umum - Kecantikan

    Halo dok.. mohon konsul pasien tanpa keluhan tb2 kulitnya keluar bintik2 sejak 3 bulan yang lalu.. awalnya terasa gatal namun setelah di beri dexoxymetason keluhan gatal sudah tidak ada dan tidak berasa apa2 namun masih bintik2 masih ada.. terimakasih sebelumnya dok

31 Desember 2020, 19:36
Alo Dokter izin ikut berdiskusi ya dok. Penggunaan dexoxymetasonnya sudah berapa lama ya dok? Lalu bintik merahnya apakah hanya dibagian tersebut atau terdapat dibagian lain?
31 Desember 2020, 19:42
dr.Febriliana
dr.Febriliana
Dokter Umum - Kecantikan
Terdapat di bagian lain dok, namun modelnya sama..
Bintiknya di dada bagian kanan dan kiri atas.. dulu sempat ada di daerah punggung namun sudah agak menghilang..  penggunaan dexoxy mulai awal muncul 1-2 titik saja hingga saat ini (6bulanan)
31 Desember 2020, 19:52
Bila digunakan rutin hingga 6 bulan bisa jadi kemungkinan efek samping penggunaan desoximethason nya dok. Karena dari sumber ini dikatakan salah satu efek samping penggunaan desoxymethason adalah timbulnya jerawat dan kemerahan pada kulit https://www.healthline.com/health/desoximetasone-topical-cream#side-effects. ; Atau kemungkinan juga  dapat disebabkan oleh iritan atau alergen lain dok.
31 Desember 2020, 19:57
dr.Febriliana
dr.Febriliana
Dokter Umum - Kecantikan
Bila dikarenakan desoximetasone topikal bagaimana terapi untuk papul2 nya dok? Apakah dengan di stop desoksimetasonnya akan lebih membaik?
31 Desember 2020, 19:59
Mungkin bisa dicoba distop dok karena pada pasien dari keterangan dokter sudah tidak ada keluhan gatal atau nyeri. Bila memang karena efek samping menurut sumber tersebut biasanya dapat membaik bila pengobatan dihentikan.Mungkin ada pendapat dari TS lain?
31 Desember 2020, 22:30
dr.Febriliana
dr.Febriliana
Dokter Umum - Kecantikan
Terimakasih ya dok