Orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) datang dengan keluhan terdapat bintik berisi air yang terasa gatal pada area jari dan paha - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya. Saya mendapat pasien dengan keluhan bintik di jari seperti gambar yang tertera, keluhannya bintik berisi air terasa sangat gatal....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) datang dengan keluhan terdapat bintik berisi air yang terasa gatal pada area jari dan paha

    03 Mei 2021, 21:47

    Alo dokter, izin bertanya. Saya mendapat pasien dengan keluhan bintik di jari seperti gambar yang tertera, keluhannya bintik berisi air terasa sangat gatal. Beliau ODHA dan on ARV, apakah ini termasuk dishidrosis atau ada pengaruh nya dengan penyakit yang di deritanya ya dok?

04 Mei 2021, 08:44
Alo Dokter,
Dari gambaranya ke arah dishidrotik eczema atau pomfoliks dok, biasanya gatalnya akan berkurang kalau vesikelnya pecah dan mengeluarkan cairan, kadang bercampur darah. Pomfoliks kadang terjadi setelah konsumsi obat, apakah memang muncul setelah pasien konsumsi ARV dok? Tapi seringnya, pomfoliks terjadi krn terlalu sering kena sabun atau deterjen, saat cuaca panas atau stes. Biasa saya berjkan steroid topikal (+antibiotik kalau disertai tanda Infeksi)  dan antihistamin oral dok.
04 Mei 2021, 16:04
Untuk ARV  nya sudah dikonsumsi lama dokter, sedangkan keluhan belum lama ini dirasakan. Setuju dok, kemungkinan tetap ke arah dishidrosis ya.
Terima kasih sebelumnya dokter
04 Mei 2021, 09:26

Alo dokter.. ikut berdiskusi..

Pada pasien HIV positif perlu mempertimbangkan HSV sebagai diagnosis banding, misalnya Herpetic Whitlow. Sebaiknya diobservasi lebih lanjut terkait perkembangan tanda dan gejala, seperti nyeri dan bengkak pada jari, dengan lesi vesikuler yang khas. 

referensi: https://emedicine.medscape.com/article/788056-overview

04 Mei 2021, 16:05
Terima kasih banyak dokter untuk informasinya 🙏
04 Mei 2021, 09:54
Alo dok,
ijin ikut berdiskusi saya setuju bintik-bintik berair hanya di tangan dengan gejala sangat gatal seperti itu mengarah ke pompholyx atau dermatitis kontak.
Bisa karena paparan sehari2 deterjen, hand sanitizer atau sabun cuci tangan berulang.Bila terkait dengan status ODHA pasien biasanya terjadi tidak di 1 lokasi tubuh.
Semoga bisa membantu.
04 Mei 2021, 16:06
Terima kasih banyak dokter, berarti ada kemungkinan jika terkait status ODHA  nya akan muncul lesi yang lebih luas ya dok? untuk penatalaksanaannya tidak ada perbedaan dengan dishidrosis tanpa ODHA kah dok? Atau ada perbedaan terapi terkait status ODHA nya?