Apa saja yang menjadi pertimbangan untuk dapat menentukan jenis insulin pada pasien diabetes mellitus - Diskusi Dokter

general_alomedika

Bgmn pemil8han jenis insulin ?

Diskusi Dokter

15 September 2020, 14:48

Alo dr. Jami'ah
Insulin terdiri dari insulin intermediate-acting (kerja sedang) insulin long acting (kerja-panjang) dan (insulin short-acting (kerja singkat) atau rapid-acting (kerja-cepat).  Pemilihannya untuk kasus pasien yang dibutuhkan penurunan gds secara cepat karena dari hasil gds yang tinggi bisa dipakai yang short acting misalnya novorapid, sedangkan untuk pemakaian sehari hari lebih banyak digunakan yang long acting seperti lantus karena insulin yang bersifat long acting ini bekerja dengan menurunkan kadar glukosa secara bertahap, efeknya dapat bertahan hingga 24 jam dan dapat digunakan untuk sehari hari. 

Mungkin ada sejawat yang mau melengkapkan lagi. CMIIW

15 September 2020, 20:35
dr. M Hadi Utama Syam Sp.JP.
dr. M Hadi Utama Syam Sp.JP.
Dokter Spesialis Jantung
Alo dok, sharing aja ya.
Untuk pemilihan jenis insulin yang akan kita pakai setau saya tergantung tujuan terapi insulin kita, apakah untuk kotrol gula dalam kondisi kritis/koreksi cepat, atau untuk kontrol gula sehari hari.
1. Untuk kontrol gula cepat yang biasanya kita pakai dalam kondisi kritis, atau pada kondisi preop, bisa kita pakai insulin kerja cepat, yang diberikan intravena atau sliding scale subkutan.
2, Untuk kontrol gula sehari2, setau saya prinsipnya adalah ada kebutuhan insulin basal dan kebutuhan insulin post prandial. Untuk insulin basal kita pakai sedian insulin kerja panjang seperti lantus, levemir, dll. untuk insulin post prandial kita pakai insulin kerja pendek semisal novorapid, dll. Untuk awal, kita penuhi dulu kebutuhan insulan basalnya, bila gula darah belum terkontrol, baru kita tambahkan insulin post prandial.
atau bisa juga kita pakai insulin kerja menengah (mix) yang dapat memenuhi kebutuhan insulin basal dan prandial, misal novomix, dll.
demikian dok, semoga bermanfaat.
16 September 2020, 00:16
Izin menyimak dok.. 
16 September 2020, 06:17
Alo Dok,
Sebagai tambahan, mgkn perlu dibedakan lagi apakah kasusnya DM tipe 1 yg memerlukan insulin rutin atau pada kasus DM tipe 2. Pada DM tipe 2, setuju perlu dinilai apakah kasusnya rawat jalan atau kasus emergensi. Berikut saya SS profil insulin, semoga dpt terbaca ya dok.

16 September 2020, 08:09
dr. Novandra Abdillah, SpPD
dr. Novandra Abdillah, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
16 September 2020, 08:22
dr.Jami'ah
dr.Jami'ah
Dokter Umum
Saya haturkan banyak terima kasih atas bantuan dan ilmu dari srjawat sekalian