Bayi dgn nafas grok-grok - Anak Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Joko, Sp. A ijin untuk ikut bertanya. Pada bayi usia 0-6 bulan atau yg asupan utamanya masih dari susu atau asi, gejala nafas grok2 sendiri paling...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bayi dgn nafas grok-grok - Anak Ask the Expert

    29 Oktober 2021, 13:48

    Alo dr. Joko, Sp. A ijin untuk ikut bertanya. 

    Pada bayi usia 0-6 bulan atau yg asupan utamanya masih dari susu atau asi, gejala nafas grok2 sendiri paling sering disebabkan oleh apa Dok? Apakah ISPA atau reaksi alergi? 

    Dan bagaimana terapi medikamentosa, non medikamentosa, serta edukasi kita sbg dokter umum, yg dpt diberikan kpd org tua bayi tsb Dok? 

    Terimakasih 🙇‍♀️

29 Oktober 2021, 13:54

Alo dr. Novia pada bayi 0-6 bulan napas grok2 dapat disebabkan oleh:

1. kelainan saluran napas

2. alergi susu sapi

3. sekret bayi yang kental (bisa disebabkan karenan infeksi atau kebutuhan cairan yang mungkin belum optimal sehingga sekret bayi lebih kental sementara saluran napas bayi kecil)

 

Pada dasarnya tidak ada obat yang aman untuk diberikan pada bayi 0-6 bulan. Penanganan terbaik adalah memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, memberikan balsam hangat untuk kenyamanan dan memantau tanda bahaya. Pencegahan infeksi harus dilakukan dengan melengkapi imunisasi sesuai usia tepat waktu

29 Oktober 2021, 14:55
Baik Dokter, terimakasih atas jawaban dan penjelasannya. 🙂
Ijin untuk bertanya lg klo berkenan untuk dijawab Dok
🙇‍♀️ 
Untuk pd bayi 0-6 bulan tsb dgn menggunakan susu formula, apakah gejala grok2 selalu karena alergi susu sapi? Dan apakah jg harus dilakukan penggantian susu tsb? Serta klo iya, jenis susu apa yg bisa diberikan selain susu sapi? 
Terimakasih sebelumnya Dok :)
29 Oktober 2021, 15:22
Justru klo memang dicurigai alergi maka harus dibuktikan dengan tes eliminasi provokasi, tidak berasumsi juga dok
Untuk memastikan alergi susu sapi pada anak bisa dilakukan eliminasi protein susu sapi selama 2 minggu.
1. Jika masih ASI maka teruskan pemberian ASI tetapi ibunya puasa produk sapi dan olahannya seperti keju, mentega, biskuit, bakso, roti, coklat, es krim, dll2. Jika menggunakan susu formula maka susu formula yg digunakan adalah susu dengan protein terhidrolisis ekstensif (merknya pepti/nutramigen/pregestimil) atau susu asam amino (susu neocate/foramino). Susu soya BUKAN PILIHAN utama alergi susu sapi karena sebagian anak dengan alergi susu sapi ternyata juga alergi terhadap susu soya. Susu lain seperti susu dengan protein terhidrolisis parsial (PHp) juga BUKAN untuk memastikan diagnosis alergi susu sapiSetelah 2 minggu jika ada perbaikan, biasanya kita lakukan tes provokasi (diberikan/dicoba kembali protein susu sapi). Jika muncul kembali gejalanya maka dipastikan memang alergi susu sapi sehingga kita masuk ke penanganannya.Jika setelah 2 minggu tidak membaik atau tidak ada perubahan maka kita pikirkan kemungkinan lain selain alergi susu sapi.
29 Oktober 2021, 16:19
Jawabannya sangat jelas dan lengkap sekali Dok, terimakasih banyak atas tanggapan dan penjelsannya. 🙇‍♀️ 
Sehat selalu Dok.
🙂