Bagaimana tatalaksana awal pasien ICH - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi TS, mau sharing pengalaman yang saya temukan.20.00 Pasien laki-laki/ 70 tahun datang tidak sadar dengan GCS E2M2V3, TD 140/80, frekuensi nadi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana tatalaksana awal pasien ICH

    03 Januari 2019, 04:59

    Selamat pagi TS, mau sharing pengalaman yang saya temukan.

    20.00 Pasien laki-laki/ 70 tahun datang tidak sadar dengan GCS E2M2V3, TD 140/80, frekuensi nadi 85, terdapat vulnus appertum regio temporal sinistra Kata keluarga pasien, tiba -ย  tiba terjatuh di kamar mandiย  tidak ada yang melihat kejadian. R/ hipertensi

    Jam 23.00 px penurunan kesadaran menjadi GCS E1M1V2, TD 60/palpasi.

    Dilihat dari foto ct scan terdapat perdarahan di regio temporal dextra et sinistra dan gambaran fraktur pada os temporal

    Bagaimana menurut TS? Apa tatalaksana yang bisa kita lakukan? Apakah diterapi sebagai stroke hemorragik atau cedera kepala berat? Ditempat saya tidak ada dokter Sp.BS

    Terimakasih.

03 Januari 2019, 08:41

Alo dokter!

Kasusnya susah juga yaa dok.. Ijin bagi pendapat sedikit. Untuk tatalaksana oleh dokter umum, yang bisa kita lakukan adalah menjaga agar pasien stabil sambil merujuk ke SpN atau (jika perlu tindakan) SpBS.

Penatalaksanaan awal yang bisa kita lakukan di antaranya adalah dengan menjaga patensi jalan napas (pasang ETT), menjaga stabilitas hemodinamik (jaga MAP < 130 mmHg, berikan cairan isotonik jika tidak ada edema serebri, atau bisa beri manitol jika ada edema serebri), monitoring, dan evaluasi apakah ada indikasi tindakan operatif.

Beberapa indikasi tindakan operatif : Massa hematoma > 40 cc, midline shift > 5 mm, EDH dan SDH dengan ketebalan > 5 mm dan midline shift dengan GCS < 8.

Untuk frakturnya sendiri, indikasi tindakan operatif jika : lebih dari satu tabula, adanya defisit neurologis yg berhubungan dengan fungsi otak di bawah lokasi fraktur, kebocoran CSF, dan fraktur depresi terbuka.

Mohon koreksi dan tambahan dari sejawat lain. :)

03 Januari 2019, 11:30
Terimakasih dok ๐Ÿ™
03 Januari 2019, 08:48
dr. Willy
dr. Willy
Dokter Umum

ALO dr. Faiz,

 

Kasus sulit ya dok, apalagi tidak ada bedah saraf. Kalau saya jadi dokter yang pertama akan saya lakukan dok:
1. Segera perbaiki tekanan darah dengan loading cairan salin.

2. Sambil diperbaiki, pasang intubasi dok karena GCS datang sudah 7, risiko gagal napas tiba-tiba besar.

3. Rawat luka terbuka dan hentikan perdarahan bila luka terbuka tersebut masih aktif.

4. Bila tekanan darah membaik, elevasi kepala 30 derajat untuk mengurangi TIK. Bila perlu pemberian manitol, dengan syarat fungsi ginjal baik. 

5. Pemberian obat antiperdarahan atau transfusi faktor pembekuan bila ada koagulopati.

6. Bila keadaan stabil, segera rujuk ke fasilitas yang memiliki dokter spesialis bedah saraf.

 

CMIIW, mungkin ada TS neurologi atau neurosurgeon yang bisa iktan diskusi. Terima kasih.

03 Januari 2019, 11:30
Terimakasih dok ๐Ÿ™
03 Januari 2019, 08:58
Ijin menambahkan dok. Mungkin jika tidak ada kontraindikasi dapat digunakan diuresis osmosis misalkan manitol utk membantu kontrol tekanan intrakranial. 
Tapi tetap perlu diperhatikan keadaan pasien, misalkan pada kasus yang ditampilkan, tensi sudah rendah ya, sehingga penggunaan manitol sebaiknya ditunda. 

Dan jika curiga terjadi perdarahan otak karena trauma, alangkah baiknya dipasang collar neck sampai terbukti servikal pasien aman. 
03 Januari 2019, 11:31
Terimakasih dok ๐Ÿ™