Aturan BPJS dan rujukan USG ke SpOG - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodok Ijin bertanya mengenai hal iniDari yang saya baca2 mengenai BPJS dan USG, bahkan selama saya internship di puskes, disampaikan bahwa BPJS memberikan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Aturan BPJS dan rujukan USG ke SpOG

    25 November 2022, 11:01
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodok Ijin bertanya mengenai hal ini

    Dari yang saya baca2 mengenai BPJS dan USG, bahkan selama saya internship di puskes, disampaikan bahwa BPJS memberikan "jatah" ke bumil untuk USG hamil sebanyak 1x per-trimester, meskipun tidak ada keluhan apa2.

    Semenjak saya mulai bekerja (klinik swasta), disebutkan bahwa jika tidak ada indikasi atau keluhan (misalnya spt flek, atau nyeri perut), maka tidak bisa dirujuk krn tidak akan dicover oleh BPJS, jadi memang beberapa kali saya edukasi untuk USG dengan biaya sendiri saja (dan ada beberapa yang juga keberatan, jadi mreka memilih untuk tidak USG), meski memang ada beberapa kali tetap saya rujuk dengan menggunakan coding Z35.

    Pertanyaannya sebenarnya USG bumil (1x per-trimester) tanpa keluhan apakah ditanggung BPJS? Atau sbenarnya berbeda2 aturan setiap daerah?

    Krn BPS2 di sekitar klinik tmpt saya kerja pun mengatakan bahwa bumil dapat dirujuk utk USG meski tanpa keluhan

25 November 2022, 14:37

ALO dokter, faskes 1 yang melayani BPJS seharusnya memiliki kerjasama dengan bidan delima. Umumnya, bidan delima memiliki fasilitas USG antenatal care di tempat prakteknya. Jadi, dapat dirujuk ke bidan jaringan faskes 1 nya. Namun, kadang saya juga mengirim bumil untuk USG dengan kode Z35, terutama trimester pertama.

 

25 November 2022, 16:01
dr.Jimmy
dr.Jimmy
Dokter Umum
Izin diskusi dok..setau saya saat ini kompetensi bidan untuk melakukan USG sudah tidak diperbolehkan lagi. USG anc di lakukan oleh dokter faskes pertama di puskesmas. Saat ini kemenkes sedang gencar2 nya melakukan platihan bagi dokter umum untuk melakukan "usg dasar terbatas" terutama pada lokus aki/akb.Biasanya kita melakukan biometri janin dasar
Anc tm 1 utk penentuan hamil intra/extra uterine. Berkrmbang/tidak dan umur kehamilan awalAnc tm 2 standar biometri bpd, ac, fl dan penentuan berat janin sesuai/tidak dengan usia gestasiAnc tm 3 ditujukan utk persiapam persalinan
Sperti penilaian AFI single deepest pocket.dan letak placenta apakah menutup OUI atau tidak.Jadi USG pada umumnya dilakukan oleh faskes 1 yang sudah mempunyai dokter yg terlatih.
Namun jika ada keraguan saat melakukam USG, boleh kok dok dengan z35 high risk pregnancy itu.Demikian dok, jika ada ts lain yang ingin menambahkan atau mengkoreksi..