Apakah obat puyer boleh dicampurkan ke dalam obat sirup - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin berdiskusi mengenai apakah boleh mencampurkan semua puyer obat ke dalam satu botol sirup obat? Contohnya seperti ini puyer obat ambroxol,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah obat puyer boleh dicampurkan ke dalam obat sirup

    12 Januari 2022, 16:18

    Alo dokter, izin berdiskusi mengenai apakah boleh mencampurkan semua puyer obat ke dalam satu botol sirup obat?

    Contohnya seperti ini puyer obat ambroxol, deksamethasone, ctm dimasukan ke dalam botol sirup paracetamol. Alasan nya biar anak tidak terlalu banyak meminum obat.

    Kalau misal dibolehkan, apakah ada referensi terkait hal tersebut? Dan apakah tidak mengganggu kandungan antar obat didalamnya yang juga akan mengganggu efektivitas obat? Terimakasih dokter.

12 Januari 2022, 16:55
Untuk ambroxol dexamethasone parasetamol Tidak interaksi obat ya Dok. Meskipun demikian jika dokter perlu  mencampurkan ketiga macam obat tersebut  (mis. Dokter bertugas di daerah terluar terpencil tertinggal dimana ketersediaan obat hanya ada sediaan tablet). harus dipastikan bahwa campurannya merata untuk setiap dosisnya yaitu Dg cara dibuatkan puyer yang sebisa mungkin tercampur merata dosis sesuai takaran yg seharusnya. Kalau Puyeran a dicampur semua ke satu botol sirup b nanti campurnya ga merata.
Namun jika ada sediaan obat yang sirup tentu dosisnya akan lebih akurat. Soal cara ngasi obat kasi ibu / Care giver nya yang berkreasi. Dokter bisa kie untuk melakukan ini. https://www.chla.org/blog/rn-remedies/nine-stress-free-tips-giving-your-child-medicine silakan sejawat lain yg mau menambahkan.