Penanganan nyeri yang tepat diberikan kepada pasien yang mengonsumsi clopidogrel - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok. Saya pernah baca pemberian NSAID pada pasien yang menggunakan clopidogrel dapat meningkatkan risiko perdarahan. Apakah ada alternatif lain dok yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan nyeri yang tepat diberikan kepada pasien yang mengonsumsi clopidogrel

    19 Februari 2021, 11:25
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dok. Saya pernah baca pemberian NSAID pada pasien yang menggunakan clopidogrel dapat meningkatkan risiko perdarahan. 

    Apakah ada alternatif lain dok yang dapat diberikan untuk menghilangkan nyeri ringan-sedang pada pasien dengan riw komsumsi clopidogrel. Atau masih boleh di berikan pct atau ibuprofen dengan dosis rendah?

    Mohon pencerahannya dok. Terima kasih dok. 

19 Februari 2021, 13:44

Alo Dokter

Beberapa studi yang ada saat ini memang menunjukkan bahwa NSAID dapat meningkatkan risiko perdarahan pada pasien yang juga menggunakan clopidogrel. Namun, risiko ini bervariasi antar jenis obat NSAID. Ibuprofen dinyatakan memiliki risiko perdarahan lebih rendah dibandingkan indomethacin, naproxen, dan diclofenac.

Saat ini sebenarnya data yang ada masih terbatas, sehingga belum ada pedoman klinis yang definitif untuk permasalahan ini. Namun, sebisa mungkin NSAID dihindari pada pasien yang menggunakan clopidogrel, atau diberikan dengan pengawasan ketat. Kalau untuk paracetamol, sejauh ini tidak ada laporan mengenai peningkatan risiko perdarahan bila digunakan pada pasien yang menerima clopidogrel.

Berikut referensinya ya, Dok:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5851628/

https://www.nhs.uk/medicines/clopidogrel/

19 Februari 2021, 13:55
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terim kasih dok.