Ibu hamil yang mengonsumsi antimo® akibat mabuk di perjalanan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dok, tanya ya. Apakah antimo boleh d konsumsi ibu hamil jika mabuk perjalanan? Ini pertanyaan dr user. Terima ksh

Diskusi Dokter

19 November 2019, 22:27
19 November 2019, 22:39
dr. Willy
dr. Willy
Dokter Umum

ALO dr. Priska Natalia.

 

 

Untuk antimo atau dimenhydrinate masuk kategori B dari FDA dan kategori A dari TGA, jadi kemungkinan besar aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Lalu dalam salah satu jurnal AAFP dimenhydrinate juga digunakan untuk pengobatan mual muntah saat hamil (https://www.aafp.org/afp/2014/0615/p965.html)

 

 

Akan tetapi dimenhydranate tetap melewati sawar placenta, jadi tetap berisiko pada ibu hamil. Mungkin lebih disarankan ke user untuk melakukan terapi mandiri untuk mencegah atau mengatasi mabuk perjalanan, seperti laman di alodokter berikut (https://www.alodokter.com/mabuk-perjalanan)

 

 

Karena sebenarnya, waktu konsumsi dimenhydranate yang paling dianjurkan adalah 1-2 jam sebelum perjalanan untuk mengatasi mabuk perjalanan. 

 

 

Semoga membantu dok, CMIIW.

 

20 November 2019, 12:18

Alo Dok,

Sebagai tambahan jika untuk user hanya boleh menganjurkan pemberian obat berlogo hijau saja dok. Obat berlogo biru apalagi untuk ibu hamil tidak dianjurkan untuk ditawarkan selama sesi konsultasi, walaupun kenyatannya obat tsb dapat dibeli bebas dok. 

Mungkin bisa ditawarkan tips agar duduk di kursi depan, hindari menggunakan gadget atau membaca buku, cukup asupan cairan, makanan dan istirahat sebelum berpergian, hindari makanan yang terlalu berlemak dan asam sesaat atau selama berpergian, dengarkan musik selama perjalanan atau gunakan aromaterapi agar lebih rileks, serta berusaha tidur selama berkendara. 

20 November 2019, 14:07
ijin dok
Selama masa kehamilan, bumil perlu membatasi segala konsumsi obat-obat jenis apapun, sedang obat tentu memiliki side efek tertentu sehingga keamanannya perlu diketahui melalui katagori bahan aktif.
Side efek antimo pada Bumil
- hipotensi
- sakit kepala
- lemas otot
- pemicu rasa cemas
- mudah mengantuk
- pandangan mata mulai kabur
Obat anti mutah seperti antimo memiliki kandungan dimenhydrinat atau dypenhydramin. Kandungan zat seperti ini memang tidak akan berbahaya bila dikonsumsi secara tepat atau sesuai dg indikasi, trims dok
20 November 2019, 14:10
Sangat bermanfaat infonya Dok.
20 November 2019, 22:20
dr.artikapermatadevu
dr.artikapermatadevu
Dokter Radiologi
Dok saya mau nanya saya itukan punya penyakut asam lambung 
21 November 2019, 05:24
Terimakasih informasinya dok