Antijamur apakah yang aman diberikan kepada ibu hamil - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, Dokter! Izin bertanya dan meminta pendapat.Ibu hamil 24 minggu dengan Tinea Cruris. Lesi tidak luas sehingga saya rasa memungkinkan untuk terapi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Antijamur apakah yang aman diberikan kepada ibu hamil

    09 September 2021, 09:54
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo, Dokter! Izin bertanya dan meminta pendapat.

    Ibu hamil 24 minggu dengan Tinea Cruris. Lesi tidak luas sehingga saya rasa memungkinkan untuk terapi topikal.

    Saya sempat research, obat antijamur yang kategori B itu Terbinafin dan Amfoterisin-B, sedangkan antijamur yang umum (golongan azol) kategori C.

    Pertanyaannya:

    1) Apakah boleh dok pasien diberikan terapi antijamur topikal golongan azol (mikonazol/ketokonazol misalnya), atau sebaiknya tetap diberikan Terbinafin topikal?

    2) Sebenarnya bagaimana penggunaan obat kategori C pada ibu hamil pada masing2 trimester?* Apa sebaiknya dihindari pada trimester 1 saja (dengan asumsi tm 1 masih masa2 organogenesis), atau dihindari pada trimester manapun?

    *disamping menilai risk and benefit, dan ada/tidaknya opsi obat lain

    Terima kasih dok

09 September 2021, 12:55

ALO, Dokter!

Semua golongan obat antifungal topikal mengalami penyerapan sistemik dalam jumlah sedikit sehingga dapat digunakan pada kehamilan. Antifungal topikal digunakan dua kali sehari sampai lesi mereda dan dilanjutkan hingga 2 minggu setelahnya.

Topik ini sudah dibahas lengkap di artikel Alomedika ini, Dok. Semoga bisa membantu

https://www.alomedika.com/pemberian-antifungal-topikal-dan-sistemik-yang-aman-pada-kehamilan

10 September 2021, 18:59
Alo Dokter,
IMHO, kalau masih bisa dgn topikal lebih aman memberikan yg sediaan topikal dok pada ibu hamil. Pada kasus tinea, terbinafin pilihan utama dok, jika tdk tersedia bisa diberikan golongan azol dgn pemberian lebih lama (4-6 minggu, bandingkan dgn terbinafin yg lebih pendek masa penggunaannya yakni berkisar 1-2 minggu).Setuju dok, penggunaan obat sistemik yg aman (golongan B) adalah amfoterisin dan terbinafin. Golongan azol atau griseofulvin termasuk kategori C artinya harus dipertimbangkan betul manfaatnya buat ibu hamil lebih besar krn berisiko utk janin yh dikandung Sumber: PPK perdoski dan https://www.researchgate.net/publication/265515361_Antifungal_drugs_during_pregnancy_An_updated_review/link/5506f56a0cf26ff55f7b4b6c/download