Anak Hanya Mau Makanan Manis - Gizi Klinik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Nurly, Sp. GK, izin bertanya dok, pada pasien anak yang hanya mau makan makanan manis seperti roti coklat dan menolak mengkonsumsi makanan seperti...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Anak Hanya Mau Makanan Manis - Gizi Klinik Ask The Expert

    07 Juli 2022, 16:15
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    ALO dr. Nurly, Sp. GK, izin bertanya dok, pada pasien anak yang hanya mau makan makanan manis seperti roti coklat dan menolak mengkonsumsi makanan seperti nasi maupun protein hewani. Anak diketahui masih mau mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, pisang dan apel, dan sayuran seperti wortel dan brokoli. Adakah pilihan terapi diet yang dapat diberikan agar anak tetap dapat terpenuhi kebutuhan gizi hariannya?

07 Juli 2022, 17:02

Alo Dok, terima kasih pertanyaannya

pada anak picky eater kita bisa selipkan protein pada roti yang dikonsumsinya atau makanan lain yang dikonsumsinya. Misalnya dengan memberikan roti yang dalam pembuatannya menggunakan susu hewan/kacang atau putih telur. coklat dapat dimodifikasi dengan pemberian suplementasi formula makanan cair yang diberikan rasa coklat dengan penambahan coklat bar yang dipanaskan atau bubuk cocoa. 

apa yang masih mau dikonsumsi anak, kita susun lalu dicari peluangnya untuk diberikan/disisipkan tambahan protein didalamnya. sambil terus memperkenalkan protein-protein yang diolah manis misalnya dengan bacem, kecap atau madu atau teriyaki. 

sumber karbohidrat tidak harus berupa nasi, jadi dari buah2an yang dikonsumsi juga merupakan sumber karbohidrat. 

terapi diet dapat disertai dengan medikamentosa untuk meningkatkan nafsu makan seperti preparat siproheptadin atau vitamin b12 dosis tinggi. sambil juga diberikan suplementasi vitamin dan mineral lain dengan dosis kecukupan harian 

demikian semoga menjawab pertanyaannya ya