Pasien balita dengan nyeri ulu hati, mual muntah - Anak Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Joko Kurniawan, Sp. A.Ijin bertanya dokter, pada pasien batita atau balita saat anak mengeluhkan nyeri ulu hati, mual dan muntah. Riwayat nafsu makan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien balita dengan nyeri ulu hati, mual muntah - Anak Ask the Expert

    19 Januari 2022, 13:39
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Joko Kurniawan, Sp. A.

    Ijin bertanya dokter, pada pasien batita atau balita saat anak mengeluhkan nyeri ulu hati, mual dan muntah. Riwayat nafsu makan anak kurang baik. Sebaiknya diberikan terapi apa ya dokter di faskes pertama nya?, Kemudian apakah boleh diberikan penambahan nafsu makan untuk anak? Jika boleh di mulai usia berpa dan boleh diberikan berapa lama ya dokter?

    Terima kasih dokter 🙏

19 Januari 2022, 13:45

Alo dokter, anak dengan keluhan mual muntah dan nyeri ulu hati, tentu kita harus pikirkan beberapa dd nya seperti : dispepsia (gangguan asam lambung), infeksi saluran kemih, atau intoleransi makanan. Penanganan pertama yang bisa dilakukan adalah pastikan anak tidak kurang cairan, yaitu dengan memberikan oralit setiap muntah. Untuk kasus dispepsia bisa diberikan ranitin atau PPI, selams 1-2 minggu sambil dievaluasi kemungkinan penyebab lain. 

 

Pada dasarnya tidak ada vitamin yang bisa meningkatkan nafsu makan dengan instan pada anak, yang harus dilakukan adalah menerapkan feeding rules sesuai usia dan mencari penyebab masalah nafsu makan lainnya, jika dengan feeding rulestidak teratasi, seperti : anemia defisiensi besi, infeksi saluran kemih, atau penyakit kronis lainnya. 

19 Januari 2022, 14:00
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT
Alodokter, minimal usia berapakah boleh diberikan PPI dan Ranitidin?
19 Januari 2022, 14:02

Alo dokter, sebetulnya tidak ada minimal pada bayi pun PPI atau ranitin bisa diberikan jika ada indikasi, seperti GERD pada bayi.