Obat analgesik apa yang dapat diberikan kepada pasien alergi NSAID - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, Izin bertanya dok jika pasien mengalami alergi pada umumnya NSAIDs, analgesik nya apa ya sebaiknya diberikan dok? terima kasih dok

Diskusi Dokter

04 Mei 2020, 20:54

Alo dokter.

Sangat membingungkan ya dok, obat standar yang biasa digunakan sebagai analgetik ada reaksi alergi semua. Apakah analgetik merek dagang lain sudah dicoba dok? Apakah semua jenis Nsaids pasien alergi? Jika iya mungkin bisa dipertimbangkan penggunaan opioid sejenis tramadol atau analtram dok. Jika analgetik untuk pasien sangat diperlukan. Tpi tidak menutup kemungkinan pasien juga mengalami reaksi yang sama. 


Mungkin ts lain bisa ralat atau menambahkan😊

Semoga membantu dok.

04 Mei 2020, 20:57
Terima kasih banyak pencerahannya dok... 
05 Mei 2020, 18:58
Terima kasih informasinya dok
04 Mei 2020, 21:32

Alo, Dokter, 

Wah, cukup challenging casenya, ya, hampir segala macem alerginya. 

Kalau menurut saya ada baiknya untuk merujuk pasien kepada SpPD Konsultan Alergi & Imunologi supaya bisa diketahui apa alternatif yang paling aman bagi pasien. Sementara itu, dari jurnal yang barusan saya baca, untuk case seperti ini biasanya diarahkan untuk ke acetaminophen (paracetamol) atau COX-2 inhibitor, tapi kebetulan ini alergi juga. Jadi pilihan teraman untuk kondisi seperti ini adalah pemberian analgesik golongan opioid, mengingat reseptornya yang berbeda dengan obat-obatan golongan NSAID. Mudah-mudahan bisa jadi bahan pertimbangan, dok. 

Berikut ini saya lampirkan jurnal terkait:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6004000/#Sec8title

 

 

CMIIW. 

04 Mei 2020, 21:37
Wah sangat membantu sekali dr. Alert terima kasih dok
05 Mei 2020, 00:56
dr. SK Sulistyaningrum, Sp.KK
dr. SK Sulistyaningrum, Sp.KK
Dokter Spesialis Kulit
04 Mei 2020, 20:25

Alodokter, Izin bertanya dok jika pasien mengalami alergi pada umumnya NSAIDs, analgesik nya apa ya sebaiknya diberikan dok? terima kasih dok

Alo Drg Pebrian Diki Prestya

Mhn dilengkapi anamnesisnya Dok, riwayat alergi sebelumnya apakah makulopapular eruption, urtikaria angioedema, anafilaksis, Eritema Multiforme, atau SSJ/TEN? Karena msg2 punya daftar obat penyebab risiko tinggi yg berbeda2.

Bila melihat daftarnya sebelum beralih ke analgetik gol opioid, dapat dicoba ibuprofen yang mmg jarang menyebabkan erupsi obat. Dan saya lihat pada daftar alergi pasien tdk terdapat ibuprofen. Dapat ditanyakan apakah pasien pernah mendapatkan obat tersebut sblmnya (dpt jg tracing merk).

Smg membantu, Mhn maaf bila ada kekurangan/kesalahan.
05 Mei 2020, 12:24
Terima kasih sarannya dokter... 
05 Mei 2020, 01:37
Mungkin perlu lebih dipertajam lagi anamnesia mengenai riwayat alergi terhadap obat obat tersebut karena terkadang pasien mengatakan alergi terhadap suatu obat tidak hanya karena adanya manifestasi di kulit, akan tetapi jantung berdebar, tidak bisa tidur atau bahkan nyeri perut juga dianggap pasien sebagai alergi.
Sebagai contoh dari kasus ini pasien mengatakan alergi decolgen, apakah ada kemungkinan pasien bukan merasakan alergi terhadap paracetamolnya akan tetapi terhadap phenyleprine nya yg terkandung dalam obat decolgen, begitu juga dengan flucyl, panadol (biru,merah,hijau..?),kalau memang keluhannya bukan manifestasi kulit saya cenderung memberikan parasetamol sebagai analgesik pada psien ini
Demikian sedikit tambahan..
05 Mei 2020, 12:26
siyaaph dok terima kasih dok
05 Mei 2020, 07:20
IBUPROFEN
05 Mei 2020, 12:25
Terima kasih banyak dok... 
05 Mei 2020, 12:15
dr.Andreas Jonathan, Sp.PD
dr.Andreas Jonathan, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Dapat juga dicoba obat golongan cox 2 inhibitor (etoricoxib/celecoxib). Namun memang ttp di inform consent akan kemungkinan terjadinya alergi. 
05 Mei 2020, 12:23
Siyaaph dok terima kasih banyak 🙏🏽