Kesemutan di kepala akibat vertigo - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya dokter, pasien pria 69 tahun, dengan vertigo vestibular sejak 3 hari yang lalu, tidak dipengaruhi posisi, saat serangan pertama...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kesemutan di kepala akibat vertigo

    31 Juli 2019, 20:03

    Alo dokter, izin bertanya dokter, pasien pria 69 tahun, dengan vertigo vestibular sejak 3 hari yang lalu, tidak dipengaruhi posisi, saat serangan pertama berlangsung beberapa jam kemudian perlahan membaik setelah diterapi betahistine 6 mg/8 jam. Keluhan lain penurunan pendengaran bilateral, sisi kiri lebih berat. Tanda vital dalam batas normal.


    Saat ini vertigo sudah hilang dan pendengaran ada perbaikan. Masih konsumsi betahistine. Tapi kepala masih terasa berat dan baal di bagian atas kedua sisi.

    Yang mau saya tanyakan terkait kepala terasa baal, hal apa yang perlu saya perhatikan lebih lanjut dok, apa mungkin ada kemungkinan tertentu yang saya lewatkan?

31 Juli 2019, 21:53
Alodok.. Pada kasus ini maka kemungkinan diagnosis bandingnya dapat berupa: penyakit merniere, hingga vertigo sentral karena ada keluhan baal.

Sebaiknya digali lebih dalam keluhan berupa tinitus, defisit neurologis lainnya, faktor risiko penyakit serebrovaskular serta jika dicurigai ke arah vertigo sentral maka dapat dilakukan ct scan kepala.

Mengingat faktor risiko usia pasien dan jika onset vertigo nya baru muncul maka sebaiknya digali lebih dalam ke arah vertigo sentral.

semoga membantu ya Dok..
05 Agustus 2019, 20:53
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf

Vertigo vestibular yang berlangsung terus menerus selama 3 hari tanpa dipengaruhi posisi harus dicurigai suatu vertigo sentral; apalagi pasien usia 69 tahun dengan keluhan baal. Saran saya adalah sebaiknya dirujuk ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan eksplorasi lebih lanjut, biasanya dengan MRI kepala apabila terdapat indikasi, karena CT scan tidak baik untuk melihat kelainan di fosa posterior.