Seseorang dengan hepatitis b dan epilepsi apakah dapat diberikan vaksin COVID - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok.Izin bertanya, untuk individu dengan status hbsag positif dan epilepsi terkontrol dengan obat dan tidak ada serangan dalam 1.5 tahunApakah boleh...

Diskusi Dokter

02 Februari 2021, 09:33
Melengkapi. Individu dengan 1 penyakit.
1. Dengan HBsAg positif2. Denga  epilepsi
02 Februari 2021, 10:29

Alo dr. Jimmy, 

Izin mencoba jawab ya dok. 
PAPDI sudah memberikan rekomendasi dalam pemberian vaksinasi COVID 19. Sejauh ini jika saya baca, pasien dengan penyakit hati masuk ke dalam kriteria eksklusi pemberian vaksin, tetapi disesuaikan dengan keadaan kelayakan kondisi khusus. Pada kondisi khusus penyakit hati masih masuk ke kategori layak, dengan catatan vaksinasi kehilangan keefektifannya sejalan dengan progresifitas penyakit hati. Oleh karena itu, penilaian kebutuhan vaksinasi pada pasien dengan penyakit hati kronis sebaiknya dinilai sejak awal, saat vaksinasi paling efektif/respon vaksinasi optimal. Inactivated vaccine lebih dipilih pada pasien sirosis hati.

02 Februari 2021, 16:39
dr.Meldy Muzada Elfa, Sp. PD, FINASIM
dr.Meldy Muzada Elfa, Sp. PD, FINASIM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Saya jawab berdasar rekomendasi PAPDI ya...
Untuk Hep B positif tanpa ada kelainan hati, diperbolehkan utk vaksin sinovac. Bahkan jika ada kelainan hati, masih diperbolehkan, cuma yg jadi catatan bahwa vaksin akan kehilangan keefektifannya sejalan dengan progresivitas penyakit hati.
Untuk Epilepsi, mungkin sejawat neurolog yang lebih kompeten menjawabnya.