Vaksin astrazeneca apakah boleh digunakan pada lansia - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selmat siang dok, izin bertanya, apakah vaksin astrazeneca boleh digunakan untuk lansia?, apa ada syarat untuk lansia dengan comorbid ?terimakasih

Diskusi Dokter

17 Juli 2021, 20:01

Vaksin AstraZaneca sama seperti vaksin lainnya yang mendapat izin edar oleh BPOM dan disetujui oleh Kemenkes, boleh saja digunakan untuk lansia. Sebelum mendapat vaksinasi lansia harus melalui uji skrining terlebih dahulu oleh tim vaksinator. Walaupun lansia dengan komorbid, tetap tim skrining vaksinator nantinya yang menentukan lansia tersebut layak atau tidak menerima vaksin. Semoga membantu.

18 Juli 2021, 17:44
Alo Dokter,
Kalau form skrining sama saja dok, hanya saja nanti penilaian kelayakan vaksin dinilai dari masing-masing vaksinator. Pada calon penerima vaksin Astrazeneca, yang memiliki special precaution seperti:
- Riwayat trombosis yaitu nyeri dan bengkak unilateral pada tungkai bawah yang berkaitan dengantrombosis vena dalam (DVT); dan dicatat jika terdapat faktor risiko trombosis yang signifikan.
- Riwayat stroke atau adanya riwayat keguguran berulang yang terkait antiphospholipid syndrome(APS).Apabila pasien atau vaksinator ragu, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam atau konsultan hematologi onkologi medik. Jika dianggap layak, akan mendapat surat kelayakan vaksin.Ref: Rekomendasi PAPDI tentang Pemberian Vaksinasi COVID-19 (AstraZeneca) 26 April 2021