Titer antibodi setelah vaksinasi Covid-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam dokter, saya mau bertanya mengenai titer antibodi covid setelah vaksinasi nilai nya seharusnya berapa? Terimakasih

Diskusi Dokter

23 Maret 2021, 01:02
dr. Abi Noya
dr. Abi Noya
Dokter Umum

Alo, Dokter, 

 

Sepengetahuan saya pengujian titer antibodi pasca vaksinasi COVID-19 masih belum dicanangkan sebagai suatu hal yang penting / wajib dilakukan. Bahkan melalui beberapa media, WHO & Kemenkes menegaskan bahwa pemeriksaan ini tidak disarankan, terlebih jika dilakukan atas dasar keputusan pribadi atau mandiri. 

 

Beberapa alasannya adalah belum cukupnya data untuk menentukan standardisasi target titer antibodi yang diperlukan, hasil uji tahap 3 yang belum rampung untuk banyak jenis vaksin, serta kurangnya fasilitas uji yang ada untuk menentukan titer antibodi yang dapat menjadi penanda. Memang, beberapa layanan kesehatan sudah menawarkan paket-paket khusus untuk memeriksakan antibodi pasca vaksinasi. Akan tetapi para ahli menyatakan pemeriksaan ini bukanlah pemeriksaan yang menggunakan metode yang diharapkan nantinya dapat menjadi gold standard pemeriksaan titer antibodi COVID-19 pasca vaksinasi, itu pun jika memang nantinya dibutuhkan sebagai langkah monitor kekebalan tubuh. 

 

Berbagai sumber mengenai hal ini masih sangat terbatas, sehingga saya rasa kita masih harus terus menunggu update dari hasil2 penelitian lain ke depannya. 

 

CMIIW, jika ada sejawat lain yang ingin menambahkan atau mengoreksi. 

24 Maret 2021, 23:08
Alo Dokter
Sampai saat ini belum ada regulasi berapa cut off nya karena penelitian masih terus dilakukan. Utk monitoring pasca vaksinasi gold standarnya adalah PRNT  (plaque  reduction neuralization test) sementara yg lazim di lab saat ini  jenis testnya adalah SRBD (spike receptor binding domain).