Tinitus pasca vaksinasi Aztrazeneca - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Sy memiliki keluarga yang mengalami keluhan telinga berdenging 1 hari setelah vaksinasi COVID-19 dengan Aztrazeneca. Selama kurang lebih 1 bulan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tinitus pasca vaksinasi Aztrazeneca

    12 Mei 2021, 03:07
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter. Sy memiliki keluarga yang mengalami keluhan telinga berdenging 1 hari setelah vaksinasi COVID-19 dengan Aztrazeneca. Selama kurang lebih 1 bulan ini keluhan tidak membaik, tapi di rasa semakin berdenging, keluhan lain seperti nyeri atau rasa pusing di sangkal.

    Apa yang kemungkinan menyebabkan keluhan ini muncul dan jika keluhan masih berlanjut bolehkan lanjut vaksin dosis kedua? Terima kasih 🙏

12 Mei 2021, 07:17
Apakah ada riwayat alergi sebelumnya atau ada riwayat vertigo?
18 Mei 2021, 22:33
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Halo dokter, pasien tidak punya riwayat alergi atau vertigo sebelumnya
12 Mei 2021, 21:59

ALO dokter, semua gejala ikutan pasca vaksin harus dilaporkan ke tim satgas KIPI. Nanti keputusan apakah dapat diberikan dosis kedua dari mereka juga.

Studi saat ini sedang mempelajari efek vaksin COVID-19 dari Astrazeneca berupa gangguan pembekuan darah dengan jumlah platelet rendah: https://www.ema.europa.eu/en/news/astrazenecas-covid-19-vaccine-ema-finds-possible-link-very-rare-cases-unusual-blood-clots-low-blood 

13 Mei 2021, 14:24
dr.Hasan Ali Alhabsyi, Sp.PD
dr.Hasan Ali Alhabsyi, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Jika keluhan sangat mengganggu baiknya segera temui dokter THT dan Saraf bersamaan ya. Karena salah satu efek samping vaksinasi ini adalah trombosis sinus cerebralis maka jika ada keluhan terkait neurologis apapun yang sangat mengganggu, dalam konteks kasus ini tinitus bisa merupakan manifestasi gangguan neurologis, baiknya segera dilaporkan ke tim KIPI dan konsultasi ke dokter THT dan Saraf.
18 Mei 2021, 22:37
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terima kasih dokter atas sarannya,,
Saat ini pasien masih terus merasa terganggu karena tinitus tidak berkurang,, sudah dilaporkan ke satgas KIPI tp belum ada info selanjutnya,, pasien juga belum konsul ke THT karena tidak ada dokter THT d daerah,, nti akan coba sy sarankan untuk ke konsultasi ke dokter saraf dok 🙏
18 Mei 2021, 22:55
Berikut sedikit info dan saran terkait keluhan yg dirasakan. Tinitus atau telinga berdenging/ berdengung. Tinitus berdasarkan waktunya dibagi atas dua, jika lebih dari 5 min maka hal ini perlu terapi, biasanya terjadi pada usia lanjut karena saraf pendengaran di telinga dalam Telah menurun fungsinya sehingga timbul suara tambahan, dapat pula disebabkan oleh trauma atau pernah jatuh di Sisi telinga yang berbunyi. Jika kurang dari 5 min maka hal tersebut adalah normal. 


Apabila telinga berdenging tidak disertai dengan turun pendengaran dan pusing berputar maka untuk sementara belum memerlukan pemeriksaan lanjutan atau hal ini bukan hal yang berbahaya namun dapat mengganggu kualitas hidup atau istirahat.


Multivitamin diharapkan dapat melonggarkan pembuluh darah saraf telinga dalam sehingga suara tambahan dapat berkurang atau membaik, namun respon antar pasien terhadap hal ini berbeda beda, ada yang suara tambahan segera hilang dalam satu minggu atau ada pula yang membutuhkan waktu lebih lama.


Keluhan Tinitus dapat merupakan KIPI , namun dapat pula merupakan 2 hal yg berbeda serta tidak saling berhubungan. Perlu pemeriksaan klinis dan evaluasi telinga secara langsung di dokter ahli THTKL terdekat . 


Demikian, semoga dapat membantu dan meringankan keluhan yg dirasakan . 🙏🏻😊 Sehat selalu.