Tidak bisa vaksin COVID 19 kedua - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya memiliki pasien yang berkonsultasi, jadi beliau sudah mendapatkan dosis pertama vaksin SinoVac, akan tetapi sebelum dapat dosis kedua,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tidak bisa vaksin COVID 19 kedua

    08 Mei 2021, 21:12
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, saya memiliki pasien yang berkonsultasi, jadi beliau sudah mendapatkan dosis pertama vaksin SinoVac, akan tetapi sebelum dapat dosis kedua, beliau sudah melakukan perjalanan kapal pesiar ke luar negeri hingga bulan Oktober. Di kapal tersebut akan diadakan vaksinasi covid dengan Astra. Apakah pasien tersebut boleh divaksinasi dengan Astra seolah-olah Astra adalah vaksin dosis ke-1 sehingga dia akan mendapatkan total SinoVac 1x, dan Astra 2x?

    Jika boleh, berapa rentang waktu yang diizinkan antara dosis sinovac pertama, dengan dosis astra pertama?

08 Mei 2021, 22:36

Selamat malam dokter, sampai sejauh ini dan saya coba cari dari beberapa sumber baik itu CDC ataupun WHO, belum ada pernyataan atau penelitian yang pasti menyebutkan bisa atau tidaknya dilakukan hal tersebut.

Kedua vaksin yang disebutkan memang jenisnya berbeda, namun karena belum adanya data terkait keamanan, efektivitas, dan penelitian terkait hal tersebut, jika dilakukan hal tersebut, pemberian 2 jenis vaksin yang berbeda, sehingga memang rentang waktu yang menjadi pertanyaan kedua belum bisa dipastikan juga ya Dok.

IMHO bisa diedukasi untuk tetap melakukan jadwal vaksin sebagaimana yang seharusnya, sesuai jadwal yang sudah ada. Saat melakukan penjalanan mungkin tetap konsul dan beri tahu ke tim medis atau tim vaksin yang ada di kapal tersebut, terkait status vaksinasinya saat ini ya Dokter.

Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan atau menemukan update terbaru. CMIIW