Terlanjur vaksin COVID-19 5 hari kemudian positif hamil apakah vaksin ke dua harus ditunda hingga melahirkan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya, seorang wanita baru mendapatkan vaksin coronavac suntikan pertama kali 5 hari yg lalu, namun pagi tadi testpack karena sudah telat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Terlanjur vaksin COVID-19 5 hari kemudian positif hamil apakah vaksin ke dua harus ditunda hingga melahirkan

    13 Maret 2021, 19:00

    Alo dokter, izin bertanya, seorang wanita baru mendapatkan vaksin coronavac suntikan pertama kali 5 hari yg lalu, namun pagi tadi testpack karena sudah telat haid dan ternyata hasilnya positif. Sampai saat ini pasien tidak ada keluhan tertentu yang dirasakan pasca vaksin.

    Apakah boleh pasien tetap melanjutkan suntikan coronavac yang kedua atau harus ditunda sampai melahirkan?

    Terimakasih sebelumnya.

13 Maret 2021, 20:16

Selamat malam Dokter, memang sampai saat ini belum ada data atau penelitian yang benar-benar menyatakan bagaimana keamanan dan efektivitas dari Coronavac yang merupakan tipe vaksin inactivated virus, pada Ibu hamil. Di gambar yang akan dilampirkan di bawah juga disebutkan bahwa vaksinasi ini tidak diberikan pada ibu hamil. 

Namun, jika memang sebelumnya tidak diketahui status kehamilannya dan tanpa sengaja menjalani vaksinasi, maka IMHO yang bisa dilakukan adalah observasi dan tetap rutin menjalani pemeriksaan ANC untuk memantau kondisi ibu dan janin. 

Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan. CMIIW

 

13 Maret 2021, 20:40
Nah itu dia dokter Merry, user kurang aware kalau dia mungkin hamil, jadinya malah terlanjur suntik, Terimakasih atas sharingnya dokter.
22 Juni 2021, 19:55
Dok, bagaimana dengan terlanjur vaksin AstraZeneca (dosis lengkap) , saat 4 hari setelah dosis kedua di testpack dan ternyata positif? Terimakasih
16 Maret 2021, 13:26

Terimakasih pertanyaannya. Pada umumnya ibu hamil tidak boleh mendapatkan vaksinasi terutama komponen hidup yang dilemahkan, termasuk vaksin Covid-19. 

bila sudah menerima vaksin pertama, dan saat ini hamil, vaksin kedua tidak dianjurkan selama kehamilan. Dapat dipertimbangkan setelah melahirkan. 

untuk saat ini setelah vaksinasi pertama, amati gejala yang timbul termasuk gejala atau kondisi janin dalam kandungan. Sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan

16 Maret 2021, 13:27
Baik dokter, terimakasih untuk informasi nya 😊🙏