Saat usia berapakah anak yang overweight sudah harus diberi penanganan khusus - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya, pada usia berapa ya dok overweight pada anak baru perlu diterapi? Dan adakah tips khusus untuk membantu orang tua pasien...

Diskusi Dokter

02 Mei 2021, 18:00

Alo dr. Reren, izin ikut berdiskusi ya Dok, saya belum menemukan rekomendasi yang pasti mengenai berapa usia anak overweight atau obesitas yang sudah perlu mendapatkan terapi. Namun, dalam menentukan status obesitas anak (merujuk pada kriteria WHO ataupun CDC), memang perlu juga mempertimbangkan usia dan jenis kelamin anak, karena masih dalam masa pertumbuhan. Untuk penatalaksanaan overweight atau obesitas pada anak diperlukan penatalaksanaan multidisiplin, pengaturan diet seimbang sesuai kebutuhan kalorinya, peningkatan aktivitas fisik (disesuaikan dengan usia, kemampuan fisik), dan selain itu, edukasi yang dapat diberikan pada orang tua dengan anak obesitas adalah fokus terhadap perubahan gaya hidup dan pola makan, tidak terfokus pada penurunan berat badan, berikan penjelasan kepada anak terkait kondisi dan alasan diperlukan penanganan terkait kondisinya, tidak memberikan komentar negatif mengenai bentuk tubuh.

Mungkin ada pendapat dari TS lain? Izin ikut menyimak diskusi ini, Dok. Terima kasih.

https://www.alomedika.com/penyakit/endokrinologi/obesitas/edukasi-dan-promosi-kesehatan

 

03 Mei 2021, 09:33
Terima kasih banyak dokter
03 Mei 2021, 01:01
dr.Priscilla
dr.Priscilla
Dokter Spesialis Ortopedi
Pertanyaan yg menarik sekali dok, dan saya sangat sangat setuju dengan jawaban dari dokter Rose di atas. Bahwa diagnosa obesitas tdk dapat sembarangan dilakukan agar menghindari komentar negatif kepada anak. Beberapa ortu yg konsul dg saya yg khawatir tentang anaknya yang pendek (dan gendut), anaknya bisa membaca kekhawatiran ortunya ini sehingga menjadi tidak pede di kalangan teman2nya yg tentu akan berpengaruh besar terhadap perkembangan mental dan emosinya.Saya sendiri menemukan referensi dari Mayoclinic https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/childhood-obesity/diagnosis-treatment/drc-20354833
yg mengatakan bahwa batas usia penanganan overweight (ow) adalah pada usia 2 th dan obes (ob) pada usia 6-11 th. Namun yg menarik buat saya adalah definisi ow dan ob ini sendiri berdasarkan cdc dan who yaitu dikatakan ow persentil 85-94 dan ob >p95. Nah, anak saya sejak umur 2 th hingga sekarang selalu di >p90 (sejak lahir p78-84). Namun secara klinis sejak usia 1th anak saya cenderung kurus.. (persentil tinggi juga selalu <p70, di chart weight per height selalu >p90)
Namun tentu saya tdk bisa menyalahkan suatu definisi hanya karena berkaca pada 1 kasus anak saya. Tapi hingga saat ini tampaknya saya belum menemukan ada yg mengkontra definisi ob dan ow dari cdc who ini.. ataupun mengenai batas usia manajemen bb. Apakah TS yg lain ada pendapat/referensi?Kembali ke pertanyaan, menurut pendapat saya seorang anak yg obes perlu diterapi jika terbukti memiliki sindrom/endocrine disorder atau pada bidang orthopedi didapatkan malalignment lower extremity seperti Blount's disease. Mengenai prinsip penanganannya (usia anak-remaja) adalah "weight maintanance". Jadi alih2 "menurunkan" bb, anak mengusahakan beratnya "tidak naik" lagi. Hal ini perlu ditekankan pada remaja2 terutama perempuan yg melakukan diet dan olahraga penurunan berat badan.
03 Mei 2021, 09:35
Bertambah menarik ya dok,  terima kasih banyak dokter