tatalaksana hipotensi post pemberian isdn - Diskusi Dokter

general_alomedika

dok, konsul pasien wanita 60, datang dengan keluhan nyeri dada khas angina, TD: 120/80, nadi 90, RR:24 x, t: 36,6. Vas: 7. pasien diberikan ISDN 5mg sl, cpg...

Diskusi Dokter

  • tatalaksana hipotensi post pemberian isdn

  • dok, konsul pasien wanita 60, datang dengan keluhan nyeri dada khas angina, TD: 120/80, nadi 90, RR:24 x, t: 36,6. Vas: 7. pasien diberikan ISDN 5mg sl, cpg 4 tab, dan aspilet 4 tab. Kemudian di tensi lg TD 80/palpasi. Ekg: nstemi inferior. Bagaimana penanganannya ya dok?

    btk

      Willy
    Anggota
    hai dr Wiji,

    hipotensi pada pada mci kalau tidak salah tetap sama seperti syok lainnya. pemberian cairan dan pemberian inotropik, bila stabil mungkin dipertimbangkan pci primer atau trombolitik.

    mungkin yang menjadi catatan hati2 pemberian isdn pada mci, bila terjadi right ventricular infark merupakan kontraindikasi pemberian isdn. bila curiga ada right infark bisa dilakukan right sided ekg dok.

    cmiiw. terima kasih

    Willy
    Okt 07, 2018 at 14:02 PM

    hai dr Wiji,

    hipotensi pada pada mci kalau tidak salah tetap sama seperti syok lainnya. pemberian cairan dan pemberian inotropik, bila stabil mungkin dipertimbangkan pci primer atau trombolitik.

    mungkin yang menjadi catatan hati2 pemberian isdn pada mci, bila terjadi right ventricular infark merupakan kontraindikasi pemberian isdn. bila curiga ada right infark bisa dilakukan right sided ekg dok.

    cmiiw. terima kasih

    terima kasih dokter

    alo dr wiji, saya akan mencoba menjawab, pada pasien ini awalnya terdiagnosis NSTEMI inferior lalu tensi menjadi drop 80/palpasi ya, apakah ada tanda tanda ke arah syok kardiogenik? seperti akral dingin, urin output menurun dan CRT<2 detik karena pasien sudah mengalami hipotensi, untuk tatalaksana awal dokter bisa lakukan challenge test dulu dok dg bolus kristaloid 250 cc , bila tidak naik maka bisa lanjut diberikan support tensi ya dok sesuai algoritma ACLS, bila TD <70 dg tanda syok bisa diberikan norepinefrin dg dosis 0,5-30 mcg/kgbb/menit, bila TD 70-100 dg tanda syok dg dopamin dosis 2-20 mcg/kgbb/menit dan bila TD 70-100 tanpa tanda syok dg dobutamin 2-20 mcg/kgbb/menit, bila TD sudah stabil pasien sebaiknya dirujuk ke fasilitas PCI terdekat ya dok karena pasien NSTEMI dg syok kardiogenik sangat berisiko tinggi terjadi kematian dan harus di PCI dalam waktu <2 jam ( untuk panduan ini dokter bisa baca dari guideline perki terbaru tentang ACS tahun 2018). Hati hati pada pemberian ISDN yang berlebihan dapat membuat tensi pasien makin drop, dan jangan lupa lakukan EKG di dada kanan pasien ya dok karena infarknya terjadi di inferior.

    terima kasih dokter pencerahannya

      Willy
    Anggota

    dr. Wiji Hastuti
    Oct 07, 2018 at 02:27 PM

    terima kasih dokter

    Hai dok,

    Kelanjutan pasiennya bagaimana dok? Mungkin bisa di share disini.

    Willy
    Okt 08, 2018 at 10:18 AM


    Hai dok,


    Kelanjutan pasiennya bagaimana dok? Mungkin bisa di share disini.

    kemarin akhirnya di chalengge dg loading cairan dok, dan respon TD bisa naik