Tatalaksana Dispepsia - Penyakit Dalam Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO Dok, saya mempunyai pasien yang sering mengeluhkan rasa begah, nyeri ulu hati, dan terkadang seperti kram. Pasien tersebut sudah rutin minum obat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tatalaksana Dispepsia - Penyakit Dalam Ask the Expert

    07 April 2022, 10:45
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    ALO Dok, saya mempunyai pasien yang sering mengeluhkan rasa begah, nyeri ulu hati, dan terkadang seperti kram. Pasien tersebut sudah rutin minum obat pantoprazole, simethicone, polymigel. Tapi tetap tidak membaik. Pasien juga rutin endoskopi dan tidak didapatkan sesuatu yang abnormal. 

    Apakah sudah bisa kita diagnosa dengan dispepsia fungsional? Kira-kira apalagi yang bisa dilakukan ya Dok? 

    Terima kasih.

07 April 2022, 10:54
dr.Desy Puspa Putri, Sp.PD.
dr.Desy Puspa Putri, Sp.PD.
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
ALO Dokter, terimakasih atas pertanyaannya. Apabila keluhan tersebut dirasakan omsetnya sudah 6 bulan yang lalu, dan memberat dalam 3 bulan terakhir, serta didukung hasil endoskopi normal dan tidak ada kelainan metabolik yang menyebabkan keluhan tersebut, maka dapat disimpulkan sebagai dispepsia fungsional Dokter. Dokter juga bisa melakukan USG abdomen untuk memastikan tidak ada kelainan pada organ intraabdomen.Untuk tatalaksananya, dapat menggunakan obat-obatan untuk mengatasi gangguan psikosomatisnya, bisa berupa golongan SSRI, SNRI, MAOI, namun tentunya akan lebih baik jika dikolaborasikan dengan bagian Psikosomatik ataupun Psikiatri Dokter.Semoga informasi ini membantu!