Tahap uji klinik vaksin merah putih - Vaksin COVID-19 Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr Budiman. Ijin bertanya.1. MOHON dijelaskan, metode atau platform yg digunakan vaksin merah putih ini dok..(krn sejauh yg sy dengar, metode berbeda dgn...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tahap uji klinik vaksin merah putih - Vaksin COVID-19 Ask The Expert

    30 April 2021, 14:59
    dr.Theresia Santi SpA
    dr.Theresia Santi SpA
    Dokter Spesialis Anak

    Alo dr Budiman. Ijin bertanya.

    1. MOHON dijelaskan, metode atau platform yg digunakan vaksin merah putih ini dok..(krn sejauh yg sy dengar, metode berbeda dgn sinovac..jd bukan virus inactivated melainkan rekombinan, atau ada yg menyebutnya subunit.. )

    2. Saat ini, sampai sejauh mana uji klinik vaksin merah putih ini dok? Apakh sudah mulai tahap PREKLINIK pada hewan, atau sdhkah masuk tahap uji klinis fase 1 ?

    3. Jika betul perkiraan selesainya vaksin merah putih di pertengahan 2022, apakah mungkin nakes yg sdh divaksin sinovac tahun ini mendapat booster vaksim merahputih ? (Mengingat dari pengalaman vaksin inactivated lampau, spt influenza, kadar antibodi dari vaksin inactivated kemungkinan lbh rendah dn tdk bertahan lama shg perlu booster)..

    Terimakasih.

30 April 2021, 15:15

1. Platform vaksin merah putih yang dikembangkan di Indonesia seingat saya sangat bervariasi: 

a)Platform vaksin protein subunit rekombinan diproduksi di ragi, E. coli, sel mamalia (Lembaga Eijkmann, ITB, UGM, LIPI dan UI)

b)Platform vaksin killed whole virus particle seperti vaksin sinovac (Unair)

c)Platform vaksin DNA (UI)

d)Platform vaksin RNA (UI)

 

30 April 2021, 15:41
dr.Theresia Santi SpA
dr.Theresia Santi SpA
Dokter Spesialis Anak
Terimakasih dok..sangat imformatif..
30 April 2021, 15:21

2) Vaksin inactivated whole virus yang dikembangkan UNAIR sepengetahuan saya sedang dalam tahapan uji pre-klinik.  Demikian juga vaksin protein subunit rekombinan yang dikembangkan oleh Eijkmann. Jadi mungkin akan masuk dalam tahapan uji klinik klinik fase-I pada tahun ini.  Vaksin DNA yang dikembangkan oleh UI sudah terbukti dapat menginduksi respon antibodi pada mencit, namun masih diperlukan data mengenai stabilitas sistem penghantar yang telah dikembangkan serta cara produksi dan penyimpanannya yang dapat memberikan vaksin yang cost effective dan aman.  Diharapkan paling lambat pada akhir tahun ini vaksin DNA dari UI sudah masuk tahapan uji klinik fase I.  Jadi secara keseluruhan belum ada vaksin merah putih yang sudah masuk uji klinik fase I saat ini.  Semoga sudah terjadi dalam tahun ini.

30 April 2021, 15:44
dr.Theresia Santi SpA
dr.Theresia Santi SpA
Dokter Spesialis Anak
Terimakasih dok..kami sngt berharap bisa membaca hasil2 laporan baik interim maupun publikasi ilmiah fase preklinik dan klinis fase 1 ini.. Karena, mohon maaf, jangan sampai seperti vaksin nusantara yang 'kontroversial' karena menggunakan metode baru dengan tahapan-tahapan uji klinis yang 'seakan-akan' melangkahi tahapan yang benar...
30 April 2021, 15:25

3)Saya sangat berharap nakes sudah bisa mendapatkan booster pada tahun ini, seandainya terjadi penurunan titer antibodi netralisasinya.  Semoga paling tidak salah satu platform vaksin merah putih sudah siap untuk masuk uji klinik fase 3.

30 April 2021, 15:46
dr.Theresia Santi SpA
dr.Theresia Santi SpA
Dokter Spesialis Anak
Terimakasih dok, kamipun berharap demikian.. namun alangkah baiknya jika sudah ada pula laporan safety untuk penerima  vaksin sinovac yg dibooster menggunakan salah satu dari vaksin merah putih ini..