Tafenokuin Dosis Tunggal untuk Mencegah Relaps Malaria Vivax - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter! Telaah jurnal Alomedika terbaru nih Dok!Telaah jurnal kali ini membahas mengenai alternatif obat untuk pencegahan rekurensi / relaps...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tafenokuin Dosis Tunggal untuk Mencegah Relaps Malaria Vivax

    06 Mei 2019, 15:24
    dr. Andre
    dr. Andre
    Dokter Umum

    Alo dokter! Telaah jurnal Alomedika terbaru nih Dok!

    Telaah jurnal kali ini membahas mengenai alternatif obat untuk pencegahan rekurensi / relaps malaria.

    Penanganan malaria yang disebabkan oleh infeksi Plasmodium vivax mempunyai tantangan tersendiri, karena potensi relaps / rekurensi setelah pengobatan awal akibat adanya hipnozoit dormant pada hati. Pedoman saat ini hanya mengandalkan primakuin untuk pencegahan rekurensi. Namun, pemberian dalam waktu 14 hari seusai pedoman meningkatkan risiko ketidakpatuhan pasien dan bisa menurunkan efikasi terapi secara keseluruhan.⁣

    Sebuah uji klinis multicenter, double-blind, double-dummy, grup paralel, acak, dan terkontrol plasebo yang dipublikasikan baru-baru ini melaporkan bahwa tafenokuin dosis tunggal mampu menurunkan risiko rekurensi P. vivax secara signifikan.

    Di satu sisi tafenokuin hanya perlu diberikan dosis tunggal jadi tentunya akan meningkatkan kepatuhan pasien dibandingkan dengan primakuin yang perlu 14 hari. Tapi di sisi lain, tafenokuin tidak aman untuk penderita gangguan enzim G6PD sehingga perlu dilakukan pemeriksaan awal terhadap enzim ini terlebih dahulu.

    Nah, dengan menimbang kelebihan dan kekurangan pemberian tafenokuin, TS lebih prefer pakai tafenokuin atau primakuin? Di tempat TS sendiri tafenokuin tersedia atau tidak ya?

06 Mei 2019, 15:34
Wah bagus sekali jika memang sudah ada tafenokuin ini ya dokter. Terakhir balik dari manokwari papua barat tahun lalu masih menggunakan primakuin,  dokter. Ini penelitian dimana ya dokter? 
Untuk program pemerintah yg menggunakan arterakine ini,  meskipun sudah bertahun tahun,  masih sulit diterima oleh masyarakat sana dok,  mereka masih lebih memilih dan minta diresepkan kina yang mana efikasinya sudah menurun. 
Semoga dengan adanya tafenokuin ini bisa segera diterima masyarakat. 
06 Mei 2019, 16:37
dr. Darrell Fernando, SpOG
dr. Darrell Fernando, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
thanks sharingnya dr andre
09 Mei 2019, 10:43
Terima kasih dok sharingnya