Pada pemeriksaan swab antigen bagaimana prosedur yang akurat - Patologi Klinik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr Tonang SpPK.1. Dalam pengambilan sampel untuk swab antigen, apakah cukup dari 1 lubang hidung atau harus kedua lubang ?2. Untuk keperuan skrining di...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pada pemeriksaan swab antigen bagaimana prosedur yang akurat - Patologi Klinik Ask The Expert

    14 Juli 2021, 13:32

    Alo dr Tonang SpPK.

    1. Dalam pengambilan sampel untuk swab antigen, apakah cukup dari 1 lubang hidung atau harus kedua lubang ?

    2. Untuk keperuan skrining di kantor, brp lama interfal swab antigen dilakukan sebaiknya?

14 Juli 2021, 13:39
dr. Tonang Dwi Ardyanto Sp PK PhD
dr. Tonang Dwi Ardyanto Sp PK PhD
Dokter Spesialis Patologi Klinik

Tks Dr Dewi. Pedoman WHO memang menganjurkan sampling terbaik adalah paduan nasofaring dan orofaring yang dimasukkan dalam satu tabung VTM. Dalam hal lubang hidung, sebenarnya cukup dari 1 lubang hidung. Bila tidak disertai orofaring, maka plihan berikutnya adalah nasofaring saja. 

Dalam hal tujuan skrinning menggunakan tes antigen, maka jeda paling efektif adalah setiap 7 hari (sepekan sekali). Tapi harus diperhitungkan juga efisiensinya. Setelah era vaksinasi, asal semua sudah tervaksinasi, maka tidak dianjurkan testing berkala kecuali ada alasan khusus: terjadinya paparan berulang dengan konsentrasi virus tinggi, seperti misalnya pada tenaga kesehatan yang terlibat dalam pelayanan pasien covid. 

Untuk yang tidak pada kelompok risiko tinggi, sebenarnya tidak harus dilakukan test, kecuali kalau terbukti ada kontak erat, atau timbul gejala. 

Tks Dok.