Perbedaan farmakologi sucralfat paten dan generik? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Docs, ijin bertanya kemarin ada user bertanya, seorang wanita 23 th dg keluhan dispepsia. Diberi obat oleh dokter penyakit dalam inpepsa dan pernah juga...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Perbedaan farmakologi sucralfat paten dan generik?

    22 Juni 2018, 11:14

    Alo Docs, ijin bertanya kemarin ada user bertanya, seorang wanita 23 th dg keluhan dispepsia. Diberi obat oleh dokter penyakit dalam inpepsa dan pernah juga diberi sucralfat.



    pertanyaannya, mengapa efek dr penggunaan inpepsa dan sucralfat berbeda? nyeri ulu hati langsung menghilang ketika minum inpepsa sedangkan jika minum sucralfat nyerinya menetap.



    padahal keduanya memiliki kandungan zat aktif yg sama, yakni sucralfat 500 mg/5ml dalam sediaan sirup suspensi.



    apa yg menyebabkan reaksi tubuh berbeda ya docs? mohon bantuannya. tks

22 Juni 2018, 11:43

Alo Dok, 

Saya mencoba membantu sedikit, sebenarnya antara Obat generik bermerk  --> (CMIW inpep** OGB atau patent holder) dan sucralfat 500 mg (obat generik berlogo), kandungan aktifnya sama, Dok...perbedaan harga biasanya disebabkan karena perbedaan kemasan, terkadang pada zat pelarut obat dan juga zat-zat tambahan (seperti tambahan zat untuk mengurangi bau atau rasa yang kurang enak)

Sesuai dengan program yang dilancarkan oleh Pemerintah untuk mempromosikan obat generik, kita sebagai profesi Dokter berkewajiban untuk  menekankan tidak ada perbedaan isi dan kandungan aktif serta manfaat dari obat generik bermerk atau obat generik berlogo.

Bisa diinformasikan bahwa kemungkinan ada faktor sugesti dari Usernya bahwa kalau belum membeli obat yang "mahal" maka tidak akan sembuh, atau ada variasi respon individual terhadap satu merk obat tertentu.

Semoga bisa membantu, Dok

Terima kasih

 

22 Juni 2018, 13:31
baik dok.. terima kasih banyak :)