Pasien laki-laki usia 60 tahun datang dengan disorientasi dan pupil anisokor 4/2 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, izin dok kemarin saya menemukan pasien Tn A 60 thn, datang dengan keluhan kebingungan /disorientasi seperti lama apabila menyebutkan namanya,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien laki-laki usia 60 tahun datang dengan disorientasi dan pupil anisokor 4/2

    05 Juni 2021, 21:35

    Alo Dokter, izin dok kemarin saya menemukan pasien Tn A 60 thn, datang dengan keluhan kebingungan /disorientasi seperti lama apabila menyebutkan namanya, pasien sebelumnya jam 11 siang menyemprotkan disinfektan dan jam 12 ada muntah (+) nyeri kepala (+) kelemahan (-), TD 180/110, N Rr normal. mempunyai riwayat HT. Pupil anisokor 4/2, E4M6V4


    Saya lebih condong ke arah stroke dok, apakah bisa karena keracunan pestisida dok?

05 Juni 2021, 22:03
dr. Ikrimah Nisa Utami, Sp.PD
dr. Ikrimah Nisa Utami, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alodokter, izin menanggapi.
Jika ditemukan pupil Anisokhor, saya setuju pasien cenderung ke Stroke, jenis Hemorrhagic. Karena jika pupil sudah asimetris berarti sudah ada penekanan unilateral di otak akibat perdarahan.
Jika keracunan pestisida (organofosfat), akan ditemukan pupil yang Miosis.
Sementara Riwayat pasien adalah menyemprot Disinfektan, yang mana kandungan isinya kebanyakan Alkohol. Kalaupun keracunan Alkohol (methanol), temuan pada pupilnya adalah Midriasis.Semoga bermanfaat, Salam.
06 Juni 2021, 05:48
Baik terimakasih dokter 🙏🙏😁
05 Juni 2021, 22:22
Alo dokter Ayu, pd kasus di atas dari temuan klinis dijumpai adanya tanda peningkatan tekanan intrakranial yaitu muntah dan nyeri kepala, serta dr pemeriksaan dijumpai adanya pupil anisokor. Hal ini dpt menandakan adanya peningkatan tekanan di kepala yg dpt disebabkan adanya lesi desak ruang bisa kemungkinan adanya stroke perdarahan dengan faktor risiko hipertensi. Jika ditanya hubungan antara pemakaian pestisida dengan stroke, Pestisida dapat mengganggu kerja enzim kolinesterase di dalam tubuh sehingga menyebabkan peningkatan asetilkolin, hal ini dpt menyebabkan gangguan aktivitas pembuluh darah dan berhubungan dengan terjadinya hipertensi. Kita tau bahwa hipertensi adalah salah satu faktor risiko utama stroke.


Semoga membantu...

06 Juni 2021, 05:50
Alo dokter, oh berarti ada hubungannya ya dok dengan hipertensi matur nuhun dok🙏🙏😁