Stok Vaksin IPV - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter! Izin bertanya, apakah di faskes satu daerah dokter sedang kehabisan vaksin IPV? Apakah tidak apa apa jika balita tidak mendapat vaksin IPV?...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Stok Vaksin IPV

    17 Desember 2019, 12:56
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter! Izin bertanya, apakah di faskes satu daerah dokter sedang kehabisan vaksin IPV? Apakah tidak apa apa jika balita tidak mendapat vaksin IPV? Ataukah bisa diganti dengan vaksin OPV? Di daerah saya stok vaksin IPV sedang kosong sejak bulan September, sedangkan kebutuhan banyak, untuk ke DSA vaksin mandiri secara finansial masyarakat juga banyak yang kesulitan. Mohon pencerahan ts.🙏

17 Desember 2019, 13:54

Selamat siang Dokter, menurut link berikut,  https://www.who.int/immunization/diseases/poliomyelitis/inactivated_polio_vaccine/Key_mess_FAQs.pdf saat ini ada dua jenis vaksinasi untuk pencegahan polio yaitu Oral Polio Vaccine (OPV) dan Inactivated Polio Vaccine (IPV). OPV merupakan jenis vaksin utama yang diberikan untuk mencegah polio. Pada beberapa negara masih ada yang hanya menggunakan OPV namun pada tahun 2016 dianjurkan setidaknya ada pemberian 1 kali IPV, jadi IMHO jika ketersediaan IPV memang sedang kosong bisa dimaksimalkan pemberian OPV sesuai jadwal Dokter. 

17 Desember 2019, 13:57
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Benar sekali dok. Memang idealnya vaksin OPV ditinggalkan dan beralih ke IPV tapi tentunya jika tidak tersedia, masih lebih baik diberikan OPV daripada tidak diberikan vaksinasi sama sekali.

17 Desember 2019, 14:06

Alo Dok,

Rekomendasi IDAI adalah pemberian IPV minimal satu kali, jadi tidak ada masalah jika diberikan OPV. Atau jika pasien membutuhkan vaksinasi lain bisa saja diberikan dalam bentuk vaksin tetravalen (dengan DPT), pentavalen (dengan DPT-Hib) atau heksavalen (dengan DPT-HepB-Hib) namun memang biayanya jauh lebih mahal dibaneding OPV yang tersedia gratis di puskesmas.

09 Januari 2020, 19:00
dr. Monalisa Manik, MKed, SpKK
dr. Monalisa Manik, MKed, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
👍👍