Pasien dengan demam dan nyeri tenggorokan sekitar 5-7 hari paska vaksinasi apakah dapat diberikan steroid - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter.Ijin bertanya, saya banyak mendapat pasien yang merasakan demam dan nyeri tenggorokan sekitar 5-7 hari paska vaksinasi. Saat pem fisik memang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan demam dan nyeri tenggorokan sekitar 5-7 hari paska vaksinasi apakah dapat diberikan steroid

    21 Juli 2021, 18:55
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter.

    Ijin bertanya, saya banyak mendapat pasien yang merasakan demam dan nyeri tenggorokan sekitar 5-7 hari paska vaksinasi. Saat pem fisik memang dijumpai faring hiperemks

    Apakah boleh saya memberikan steroid pada kasus ini?

21 Juli 2021, 19:27

Alo dr. Anon, coba bantu menjawab ya dok.

Mungkin dapat ditelurusi terlebih dahulu keluhan yang dialaminya tsb apakah terkait KIPI atau kondisi lain. Kemudian pada keluhan faring hiperemis karena yang paling umum adalah kemungkinannya faringitis, maka pemberian steroid mungkin dapat ditinjau dulu secara bijak apakah memang ada indikasi untuk diberikan. Karena terapi faringitis adalah tergantung pada etiologinya dan umumnya pengobatan simtomatis dapat diberikan jika terutama dicurigai karena virus. 

Berikut referensi lebih lengkapnya dok: https://www.alomedika.com/penyakit/telinga-hidung-tenggorokan/faringitis/penatalaksanaan

Sebagai antinyeri jika disertai ada keluhan nyeri menelan misalnya bisa dipertimbangkan pemberian analgetik.

Demikian dok, semoga dapat membantu. Turut menyimak juga diskusi TS lainnya, CMIIW. Terima kasih