Sperma berisi bercak darah dan berwarna kuning - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat sore docs!Ijin konsul pertanyaan dari user, ia mempunyai keluhan spermanya berisi bercak darah dan berwarna kuning, tidak ada keluhan disuria,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Sperma berisi bercak darah dan berwarna kuning

    19 Maret 2019, 15:25

    Selamat sore docs!

    Ijin konsul pertanyaan dari user, ia mempunyai keluhan spermanya berisi bercak darah dan berwarna kuning, tidak ada keluhan disuria, frekuensi, nokturia atau keluhan yang lain. Sudah berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin diberikan thiamfenikol 500mg, cefixime 100 mg dan doxycycline 100 mg, namun keluhan masih ada setelah beberapa hari minum obat. Yang ingin saya tanyakan, apa kira-kira diagnosis pasien ini sehingga dokter mengkombinasi 3 jenis obat sekaligus ya dok? mohon sharingnya, trimakasih dokter πŸ™

19 Maret 2019, 15:36
Alo dokter wulan..

Ijin urun pendapat, mungkin untuk user bisa ditanyakan riwayat sakit sebelumnya apakah pernah seperti ini juga ya dok atau mungkin adanya trauma sebelumnya atau tidak?

Kalau yang saya cari, untuk sperma berisi darah mungkin bisa saja mengarah ke hematospermia dimana penyebabnya bisa karena infeksi (misal di saluran uretranya, epididimis), bisa juga karena adanya trauma atau obstruksi seperti BPH. Bisa juga sih dok bila curiga adanya suatu penyakit menular seksual yang tentunya perku di konfirmasi kepada user dulu apakah ada perilaku beresiko atau tidak.

Kalau untuk obat, mungkin dilihat dari hasil pemeriksaan oleh dokternya perlu beberapa obat tsb ya dok tentunya tidak bisa intervensi lebih jauh mungkin sejauh edukasi indikasi obatnya saja. 
Mungkin bisa di lihat juga dok di link https://www.google.com/url?sa=t&;source=web&rct=j&url=https://www.webmd.com/men/guide/blood-in-semen-hematospermia-causes-symptoms-tests-treatments&ved=2ahUKEwihhpHZ5I3hAhUaFHIKHf-0D1wQFjACegQIAxAB&usg=AOvVaw3JsaAHKwVx6694G6sY-rGm&cshid=1552984556276

Cmiiw
19 Maret 2019, 18:31
Baik dokter, trimakasih sharing ilmunya dok πŸ™ sangat bermanfaat, 
19 Maret 2019, 16:37
Alo dok,
Dari gejalanya perlu diperjelas apa yg dimaksud oleh pasien adalah cairan kekuningan disertai darah adalah sperma yg hnya dikeluarkn saat ejakulasi atau sekret uretra yg keluar saat pagi hari di celana dalam atau saat berkemih.
Dari gejala di atas ada kemungkinn yg dimaksud pasien adalah sekret uretra atau duh tubuh pria yg purulen dan mengandung eritrosit. Bisa disebabkn oleh adanya infeksi bakteri (uretritis) spesifik GO maupun non spesifik(non GO).
Untuk alasan pemberian pengobatan kombinasinya adalah untuk mengcover bakteri dari GO maupun non GO karena berdasarkn protap CDC first line untuk uretritis spesifik salah satunya cefixime 400mg single dose dan untuk uretritis non spesifik first line nya adalah dgn doxicycline 2x100 mg selama 7-14 hari.
Semoga membantu dokπŸ™
19 Maret 2019, 18:32
Baik dokter, trimakasih sharing ilmunya dok πŸ™ sangat bermanfaat
19 Maret 2019, 16:39
Maaf menambahkan untuk antibiotik thiamphenicol jg merupakan alternatif pengobatan untuk uretritis spesifik. Pemberian bbrp jenis qntibiotik untuk uretritis spesifik karena sering terjadi resistensi thdp antibiotik karena pasien dgn gejala uretritis cenderung sudah sering minum antibiotik sehingga tingkat resistensinya cukup tinggi.