Skrining kanker prostat dengan PSA - Urologi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Dian, Sp.UIzin bertanya dok. Banyak orang melakukan skrining kanker prostat secara mandiri dengan memeriksa PSA. Sebenarnya, apakah metode skrining...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Skrining kanker prostat dengan PSA - Urologi Ask the Expert

    14 April 2022, 14:42
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Dian, Sp.U

    Izin bertanya dok. Banyak orang melakukan skrining kanker prostat secara mandiri dengan memeriksa PSA. Sebenarnya, apakah metode skrining ini sudah terbukti bermanfaat untuk mengurangi mortalitas akibat kanker prostat? Pasien seperti apa sajakah yang sebaiknya dianjurkan untuk skrining kanker prostat berkala? Terima kasih, Dok.

14 April 2022, 14:50
dr. Dian Kurniasari, Sp.U
dr. Dian Kurniasari, Sp.U
Dokter Spesialis Urologi

ALODOKTER

PSA atau Prostate Spesific Antigen, merupakan tumor marker atau penanda tumor untuk kanker prostat. Pemeriksaan ini bersifat organ spesifik dan bukan cancer spesifik, artinya bila didapatkan kenaikan PSA, berarti ada indikasi kelainan di prostat, tetapi peningkatan tersebut belum tentu merupakan kanker prostat. Peningkatan PSA dipengaruhi beberapa keadaan seperti : adanya infeksi pada prostat, instrumentasi pada prostat. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan atas indikasi dan bukan dilakukan secara mandiri. Indikasi pemeriksaan PSA adalah apabila pada pemeriksaan colok dubur ditemukan adanya kecurigaan keganasan prostat, seperti pembesaran prostat dengan konsistensi keras, permukaan berbonjol-bonjol, prostat asimetris, terabanya nodul pada permukaan prostat. Nilai normal PSA berkisar 4 ng/dL.

PSA digunakan untuk  membantu diagnosis dan monitoring therapi pada Ca Prostat