Pasien 20 tahun dengan palpitasi setelah konsumsi simvastatin - Diskusi Dokter

general_alomedika

Seorang pasien mudah 20 th dtang dengan keluhan berdebar dan sesak nafas sesaat setelah mengkonsumks simvastatin di apotek bagaimana tatalaksana awal dan...

Diskusi Dokter

17 Desember 2019, 14:02

Alo Dok,

Rasanya palpitasi dan sesak nafas bukan reaksi umum efek samping simvastatin dok. Bagaimana tekanan darahnya dok? Jika memang terjadi langsung setelah konsumsi obat, mgkn boleh dipikirkan reaksi anafilaktik. Namun, boleh juga pikirkan penyebab lain misalnya gangguan panik atau cemas atau kemungkinan pasien mengonsumsi obat lain atau mengonsumsi obat tsb dengan minuman lain (bukan dengan air putih). 

17 Desember 2019, 14:09

Alo dokter,

Perlu diwaspadai interaksi obat simvastatin, misalnya dengan grapefruitgemfibrozil, antibiotik makrolida, atau amliodipine, yang dapat meningkatkan konsentrasi obat simvastatin dalam plasma darah, sehingga meningkatkan risiko efek samping simvastatin.

Beberapa penelitian menyebutkan efek simvastatin pada kejadian aritmia dan onset fibrillasi atrial pada pasien dengan hipertensi.

Sumber: https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0186972

https://www.alomedika.com/obat-kardiovaskuler/obat-antihiperlipidemia/simvastatin/interaksi-dan-efek-samping

CMIIW